Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bea Cukai Awasi Pemulangan TKI Malaysia

Kamis, 04 Juni 2020 | 01:00 WIB Last Updated 2020-06-03T18:00:07Z
(ilustrasi)

Jakarta, fajarharapan.id - Di tengah pandemi Covid-19, Bea Cukai Teluk Nibung dan Parepare di wilayah masing-masing bersama instansi terkait lainnya, turut serta melakukan pemantauan terhadap para pekerja migran atau TKI asal Malaysia dan Tawau yang kembali ke Tanah Air dengan total sebanyak 238 melalui jalur laut.

Pelabuhan Teluk Nibung, Kamis (18/5/2020) lalu, kedatangan 150 orang penumpang yang merupakan TKI di Malaysia. Kedatangan ratusan TKI warga Kota Tanjungbalai tersebut merupakan rombongan pertama dari tiga rombongan yang dijadwalkan dalam seminggu ini. 

Total sejumlah 440 orang TKI yang kepulangannya tersebut difasilitasi oleh Pemko Tanjungbalai. Sebagaimana diketahui, ribuan TKI dari Malaysia selama masa pandemi Covid 19 ini telah kembali ke daerah masing-masing lewat beberapa pelabuhan di pesisir timur Sumatra.

Bea Cukai Teluk Nibung beserta instansi yang terlibat dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tanjungbalai melakukan pengawasan dan pelayanan dimulai dari pemeriksaan kesehatan terhadap ratusan TKI hingga pemeriksaan barang bawaan penumpang.

Kepala Kantor Bea Cukai Teluk Nibung, I Wayan Sapta Dharma, mendampingi secara langsung proses pengawasan dan pelayanan barang bawaan TKI di terminal kedatangan Pelabuhan Teluk Nibung. “Pemeriksaan barang bawaan dilakukan melalui X-Ray. 

Proses pemeriksaan barang bawaan penumpang yang diatensi dilakukan oleh petugas yang memakai APD untuk menjaga kewaspadaan terhadap penularan Covid-19,” ungkap I Wayan Sapta.

Para TKI yang dipulangkan semuanya melalui protokol khusus pencegahan virus Corona. Mereka juga diwajibkan melakukan karantina di tempat yang telah disediakan oleh Pemko Tanjungbalai.

“Di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi, Bea Cukai Teluk Nibung tetap berkomitmen dalam melakukan pengawasan dan pelayanan yang maksimal,” ujar I Wayan Sapta.

Sementara itu pada hari yang sama, Bea Cukai Parepare juga mengawasi kepulangan TKI asal Tawau sebanyak 88 orang menggunakan KM. Thalia, melalui Pelabuhan Nusantara Parepare. 

Dalam pelaksanaannya, Bea Cukai Parepare beserta seluruh instansi terkait di Pelabuhan Nusantara Parepare dan Tim Gugus Tugas Covid-19 menjalankan tugas dan fungsi masing-masing dengan tetap berpedoman pada protokol pencegahan Covid-19.

“Bea Cukai Parepare hadir memberikan pelayanan dan pengawasan dalam hal dibutuhkan pemeriksaan atas barang bawaan penumpang dan kapal sarana pengangkut,” ujar Nugroho Wigijarto, Kepala Kantor Bea Cukai Parepare sebagaimana dikutip pada republika.co.id.

Ia juga mengungkapkan terhadap seluruh TNI tersebut, setelah dilakukan pemeriksaan oleh instansi terkait, masing masing dijemput langsung oleh Pemerintah Daerah dan Kota asal para penumpang tersebut. (*)

×
Berita Terbaru Update