Agam Berstatus Zona Hijau Covid-19, Pasien Terakhir Sembuh. Alhamdulillah

Minggu, 14 Juni 2020, 10:36 WIB Last Updated 2020-06-14T03:36:11Z


Khasman Zaini


Lubuk Basung, fajarharapan.id - Agam kembali memasuki zona hijau Covid-19 setelah, ZZ pasien terakhir dinyatakan sembuh dari Covid-19. Dengan demikian pasien yang terpapar virus corona di Agam sebanyak 18 orang, kini sudah sembuh semua.

"Alhamdulillah, dari 18 pasien yang terpapar positif Covid-19 di Kabupaten Agam, semuanya sudah sembuh. Kini pasien terakhir yang dirawat selama 14 hari di RSUD Rasidin Padang kini sudah dinyatakan sembuh," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini kepada fajarsumbar.com, Minggu (14/6/2020).

Menurutnya Khasman, kabar gembira itu setelah mendapat informasi dari tim dokter spesialis paru di RSUD Rasidin Padang, dr. Emelia Afif, Sp.P yang menangani pasien ZZ melalui ponselnya.

Pasien dengan inisial ZZ  asal Koto Tuo Kecamatan Ampek Koto yang sempat positif Covid-19, kini dinyatakan sembuh. Pasien dengan status Orang Tanpa Gejala (OTG) itu bahkan sudah diperbolehkan pulang, Jumat (12/6) kemarin.

ZZ sudah menjalani karantina selama 14 hari, sejak tanggal 30/5/20. ZZ dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang setelah hasil uji swab kedua terhadap dirinya terkonfirmasi negatif.

ZZ yang kepulangannya dijemput oleh tim kesehatan Puskesmas Ampek Koto. Meskipun sudah sembuh, ZZ tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. 

"Protapnya seperti itu. Sebelum beraktivitas seperti biasa, harus isolasi mandiri dulu," jelas dr. Emelia sebagaimana yang disampaikan Khasman.
Hingga hari  ke-6, penerapan tatanan norma baru,seluruh pasien positif Covid-19 di Kabupaten Agam jumlah 18 orang  dinyatakan sembuh. "Alhamdulillah tidak ada penambahan kasus positif yang baru. Kini pada masa era new normal, Agam masuk zona hijau," ujar Khasman dengan nada gembira.

Nada gembira, kata Khasman juga disampaikan Bupati Agam, Dr. H. Indra Catri. Pasien ZZ terkonfirmasi positif Covid-19 disinyalir didapat saat beraktivitas sebagai Anak Buah Kapal (ABK) rute pelayaran Padang-Mentawai. 

Setelah dinyatakan terjangkit Covid-19, semua anggota keluarga (anak, istri dan orangtua) diperiksa. "Jumlahnya ada 6 orang. Alhamdulillah semuanya negatif," ujar bupati gembira sebagaimana dituturkan Khasman.

Seluruh pasien positif Covid-19 di Agam telah dinyatakan sembuh. Terima kasih kepada tim dokter karena kesembuhan ini tidak terlepas dari kerja keras mereka semua.

Selanjutnya selamat kepada pasien yang telah menunjukkan kemauan, disiplin, dan semangat yang tinggi selama masa pengobatan. (Yanto)

Terkini