Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kasus BUMDes Muaro Kalaban, Kejari Tunggu Laporan Warga Dukung Pembuktian

Jumat, 08 Mei 2020 | 19:10 WIB Last Updated 2020-05-08T12:11:16Z
Kantor BUMDes Muaro Kalaban. (ist)

Sawahlunto, fajarharapan.id - Dalam penanganan Covid-19 ini sejumlah kasus dugaan korupsi terutama terkait persoalan BUMDes MKB Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto terus berlanjut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sawahlunto, Khunaifi Alhumami SH MH kepada fajarsumbar.com melalui pesan singkat WhatsApp beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan bahwa sejumlah kasus dugaan korupsi masih dalam proses dan untuk BUMDes MKB sedang menunggu bukti pendukung atas laporan dari masyarakat yang merasa dirugikan.

"Masih proses. Kalau untuk BUMDes MKB Desa Muaro Kalaban, apa bisa di bantu bukti dukungnya. Paling enggak ada yang melaporkan ke kejaksaan. Sampai sekarang belum ada yang melaporkan ke kejaksaan," ungkapnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Jon Jupri (Ongku) selaku Wakil Ketua Kerapatan Adat Niniak Mamak Nan Ampek Suku Muaro Kalaban berharap, bagaimana pertanggungjawabannya? Kebijakan yang diambil itu seperti apa? Salah kah dalam mengambil keputusan. Contoh, dulu waktu membentuk BUMDes ini, kan duduk bersama dengan tokoh masyarakat. 

Setelah dia duduk segala macam dan dana dicairkan, karena yang mempunyai wewenang Kepala Desa 2018 waktu itu, seharusnya dia selaku komisaris, apapun yang terjadi di BUMDes, kan dia harus bekerjasama dengan BPD.

"Kita masyarakat ingin persoalan ini diusut tuntas dan transparan. Siapa saja yang terlibat dalam hal ini," harapnya

Mantan Direktur BUMDes MKB Indra Sukriani di pemberitaan sebelumnya juga bersedia buka-bukaan terkait persoalan BUMDes MKB ini. "Saya bersedia buka-bukaan terkait persoalan BUMDes MKB ini," ucapnya bersemangat.

Sementara itu dalam persoalan BUMDes MKB ini menyeret nama mantan kepala Desa Muaro Kalaban Masril SHi selaku komisaris BUMDes MKB kala dia menjabat dan terpilih pada 2019 lalu sebagai anggota DPRD Kota Sawahlunto di saat persoalan ini terus mencuat. Namun Masril SHi enggan memberikan komentar terkait persoalan BUMDes MKB kepada fajarharapan.id.

Dikutip dari Al Qur'an Surah Ar-Ra’d ayat 11 sebagaimana Allah SWT berfirman “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri.” (ton)
×
Berita Terbaru Update