Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kab.Solok Tidak Memberlakukan Local Wisdom, Cek Faktanya

Minggu, 10 Mei 2020 | 23:48 WIB Last Updated 2020-05-10T16:48:35Z
Suasana diskusi politik evaluasi PSBB di Kab.Solok di Guest House Arosuka

Solok, fajarharapan.id - Diskusi politik tentang evaluasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tersebut, disebutkan dalam rilis Pemkab Solok merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya dengan gubernur Sumbar, tanggal 5 Mei 2020 via Vidcon.

Setidaknya, rapat tersebut membahas 3 hal pokok pelaksanaan PSBB tahap Kedua di Kabupaten Solok, salah satunya terkait dengan arahan gubernur Sumbar, tentang pengecualian-pengecualian (local wisdom) dalam pelaksanaan PSBB disuatu daerah.

Pada intinya, Bupati Solok H.Gusmal, SE.MM tidak akan memberlakukan local wisdom dalam PSBB tahap Kedua ini.

"Kita semua tetap menjalankan PSBB sebagaiamana pelaksanaan tahap Pertama," jelas bupati.

"Artinya, peluang-peluang yang mungkin ada sebagaimana arahan dari gubernur Sumbar, tentang pengecualian-pengecualian dalam pelaksanaan disuatu daerah (local wisdom) tidak kita berlakukan," sambung bupati.

"Pembedaan tersebut tidak mungkin kita lakukan karena, karena akan menimbulkan masalah baru, seperti adanya perbedaan pemberlakuan hukum disuatu daerah, eksklusivitas hingga hal itu dapat menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat," tegas bupati.

Dalam arahannya, gubernur Sumbar memberikan kelonggaran kepada bupati dan walikota se-Sumbar untuk melakukan local wisdom dalam PSBB tahap Kedua dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Di antaranya, terkait dengan shalat Jumat kabupaten kota diberikan kewenangan oleh Pemprov Sumbar untuk mengambil kebijakan sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerah, sesuai dengan maklumat dan pedoman yang sudah dikeluarkan oleh MUI Sumbar nomor 007/MUI-SB/V/2020.

Kemudian, melalui via Vidcon tersebut gubernur juga menyebut, terkait dengan local wisdom tersebut kepada bupati dan walikota se-Sumbar diberikan kewenangan diantara lain, diperbolehkan untuk shalat Jumat dengan mempedomani dan mengacu pada maklumat yang telah dikeluarkan oleh MUI Sumbar.(nr)
×
Berita Terbaru Update