Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

IKEA Nekat Buka di Saat PSBB, Jangan Terjadi di Daerah Lain

Rabu, 13 Mei 2020 | 12:36 WIB Last Updated 2020-05-13T05:36:07Z



Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si

Jakarta, Fajarharapan.com-Kebijakan pemerintah untuk melaksanakan Pembatasan Sosial  Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah di Indonesia saat ini sedang berlangsung. Bahkan beberapa daerah memperpanjang pelaksanaan PSBB, tetapi di lapangan masih kurang maksimal.

Anggota DPR dapil Sumbar 2, Guspardi Gaus, menyoroti masih banyak terjadi pelanggaran di berbagai daerah di Indonesia, baik berasal dari masyarakat yang melanggar aturan maupun pemerintah dan aparat yang belum optimal melakoni tugasnya terkait penanganan wabah Corona.

"Kerumunan orang dan keramaian masih terjadi di beberapa tempat dan masih ada pusat perbelanjaan yang tetap melayani pembeli secara fisik. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan nyawa warga masyarakat dan bertentangan dengan kebijakan pemerintah tentang protokol kesehatan untuk menekan laju pandemi wabah Corona," kata Guspardi.

Politisi PAN ini mengambil contoh kasus yang sedang viral di jejaring sosial beberapa hari lalu yaitu IKEA Alam Sutera. Pemerintah seakan membiarkan pusat perbelanjaan ramai pengunjung di tengah penerapan PSBB.

"Kenapa setelah viral di masyarakat karena penuh sesaknya parkiran di pusat perbelanjaan ini , baru pemerintah daerah melalui Satpol PP turun tangan ke lapangan mendatangani gerai yang menjual furniture ini," sebut Guspardi.

Kenekatan IKEA dengan tetap membuka gerainya jelas-jelas tidak menghormati dan melanggar aturan " jarak sosial ". Di saat pedagang kaki lima dilarang berjualan bahkan mesjid pun masih tutup dan masyarakat diminta untuk di rumah saja di tengah pandemi Covid-19, perusahaan ini malah tidak mengindahkan aturan pemerintah.

"Persoalan ini harus diusut tuntas dan diberikan tindakan yang tegas. Dan gerai IKEA yang tersebar di kota lainnya juga harus ditutup oparasionalnya," ujar mantan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sumbar ini.

Guspardi minta petugas di lapangan dan pejabat terkait harus tegas dan jangan mau berdamai dengan pengusaha dan siapapun yang melanggar aturan PSBB. Keselamatan dan kesehatan masyarakat harus diutamakan di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dipastikan kapan berakhirnya.

Disebutkan, pemkab dan pemko di seluruh Indonesia untuk melakukan pengetatan dan pengawasan yang lebih intens dengan melakukan pemantauan langsung ke lapangan dan sentra & pusat bisnis lainnya di daerah masing-masing.

"Jangan sampai kejadian seperti yang di Alam Sutera Tangerang ini terulang di daerah lainnya," harap Guspardi. (***)
×
Berita Terbaru Update