Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Guspardi : Tindak Tegas Pemotong Bantuan Bansos

Minggu, 17 Mei 2020 | 18:47 WIB Last Updated 2020-05-17T11:47:34Z
Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si




Jakarta, Fajarharapan.com- Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si Anggota DPR dari Fraksi PAN, menegaskan penanganan dan pengawasan terhadap pelaksanaan dan pendistribusian berbagai bentuk bantuan sosial (bansos) harus dilakukan secara profesional.

Dia berharap penyaluran bansos baik dalam bentuk sembako maupun tunai pelaksanaannya harus diawasi dengan ketat agar benar-benar sampai kepada masyarakat yang membutuhkan dan tepat sasaran.

“Jangan sampai ada pungutan liar dan pemotongan bantuan tersebut oleh oknum di lapangan dengan alasan apapun,” jelas Guspardi.

Jika ditemukan ada pungli atau pemotongan dalam bantuan ini, sambung Guspardi, maka pihak pemerintah daerah harus melakukan tindakan tegas dengan sanksi cukup berat.

Ia menyarankan sistem pelibatan perangkat daerah dengan sistem bottom up harus dilakukan sehingga daerah merasakan perasaan memiliki dan tanggung jawab atas penyaluran bebagai bantuan.

“Libatkan civil society dan organisasi kemasyarakatan setempat untuk menjadi pengawal program bantuan agar tepat sasaran dan terwujudnya akuntabilitas penggunaan uang negara,”katanya.

Guspardi Gaus juga menyarankan agar dibukanya saluran informasi 24 jam yang merespons cepat segala aduan masyarakat terkait penyaluran bansos.

Untuk itu, petugas yang berada pada garda terdepan dalam melakukan pendistribusian berbagai bentuk bantuan tersebut betul-betul mengenali masyarakat yang berhak menerimanya.

“Petugas ini tidak boleh mempermainkan data tersebut sehingga dalam pendistribusian bantuan yang diberikan pemerintah ini sasarannya tepat kepada masyarakat yang terpapar akibat dari covid-19,” tutup Guspardi Gaus, anggota Baleg DPR.(***)
×
Berita Terbaru Update