Tiga Pasien Positif Covid-19 Baru di Sumbar, Dua Tanpa Gejala

Selasa, 07 April 2020, 23:00 WIB Last Updated 2020-04-07T16:00:06Z


(ilustrasi)
Padang, fajarharapan.com - Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat (Sumbar) mencatat ada tiga kasus baru positif 21 warga positif terinfeksi virus corona di wilayah itu per Selasa (7/4/2020). Alhasil, jumlah keseluruhan kasus positif di wilayah itu kini mencapai 21.
Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Jasman Rizal, mengatakan satu dari tiga pasien baru itu ialah perempuan berusia 26 tahun. Pasien tersebut merupakan istri dari pasien pertama positif yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Mochtar Bukittinggi, yang terpapar di Malaysia. Saat ini mereka dirawat di RSUD Ahchmad Mochtar.

"Keadaan pasien pertama, suami yang bersangkutan, telah mulai membaik dan berdasarkan hasil swab pertama dinyatakan negatif. Namun, untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan swab sekali lagi. Jika negatif, suaminya bisa keluar rumah sakit dan atau sesuai anjuran dokter," ujar Jasman.
Ia menginformasikan pasien terbaru lainnya adalah pria berusia 38 tahun dan perempuan berumur 22 tahun yang merupakan warga Padang. Mereka tidak menunjukkan gejala klinis sama sekali. Mereka diketahui positif Covid-19 setelah hasil swab tenggorokan keluar.
Meskipun demikian, mereka tidak dirawat di rumah sakit, melainkan melakukan isolasi mandiri.
Jasman mengatakan dari 21 warga Sumbar yang positif corona sebanyak 4 orang di antaranya dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil Padang, 4 orang di RSUD Achmad Mochtar Bukittinggi, 1 orang di Semen Padang Hospital. Kemudian ada 10 orang isolasi mandiri, satu orang sembuh, dan satu orang meninggal dunia sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.
Jasman menyatakan di Sumbar saat ini terdapat 91 pasien dalam pengawasan. Sebanyak 21 orang di antaranya masih dirawat, sedangkan 63 orang dinyatakan negatif. Sementara itu, orang yang sedang dipantau berjumlah 1.686 orang, dan orang yang selesai dipantau 2.187 orang. (*)

Terkini