Putus Mata Rantai Covid-19, Warga Komplek Singgalang Semprotkan Cairan Disinfektan

Minggu, 05 April 2020, 14:48 WIB Last Updated 2020-04-05T07:53:04Z


Warga komplek Perumahan Singalang, Kelurahan Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, dalam upaya memutus mata rantai wabah virus corona atau Virus Covid-19, Minggu (5/4/2020).

Padang, fajarharapan.com -  Demi memutus mata rantai virus corona atau Covid-19, warga komplek Perumahan Singalang, Kelurahan Batang Kabung Ganting, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang lakukan penyemprotan cairan disinfektan, Minggu (5/4/2020).

Penyemprotan itu juga menindaklanjuti surat edaran Lurah Batang Kabung Ganting, 23 Maret 2020. Terkait imbauan kewaspadaan Virus Corona. Warga diminta penyemprotan disinfektan di rumah masing masing.

Menyikapi hal itu, Ikatan Pemuda Perumahan Komplek Singalang (IPPKS) Rukun Warga (RW) IV Kelurahan Batang Kabung Ganting bersama warga setempat, melakukan penyemprotan.

Penyemprotan itu dilakukan di pagar dan jalan jalan di depan rumah warga, dengan sasaran sekitar 600 unit rumah di lingkungan RW 4, RW 5 dan RW 10, Minggu (5/4/2020).

Koordinator lapangan Fasridon kepada media ini mengatakan, cairan disinfektan yang disemprotkan sebanyak 1.000 liter tersebut, langsung diolah dan proses pemuda bersama warga, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Ia berharap, dengan ada nya penyemprotan disinfektan di luar rumah warga, dapat mengantisipasi penyebaran dan memutus mata rantai wabah Virus Corina di lingkungan warga Komplek Perumahan Singalang.

Memutus mata rantai virus Corona, tidak cukup dengan penyemprotan disinkfektan saja, namun warga diharapkan bisa pula menjaga diri tanpa ke luar rumah. Jika tidak ada keperluan yang mendasar, menghindari kerumunan tertentu, membatasi jarak atau berkomunikasi antara sesama minimal 2 meter.

Upaya lain, warga harus mencuci tangan dengan hand sanitizer atau alkohol dan sabun dengan air yang mengalir, meningkatkan derajat kesehatan serta berjemur dengan terik matahari sesuai kemampuan fisik masing masing.

Dikonfirmasi, terkat ada nya program yang sama bagi warga perumahan lainnya ke depan, Lurah Batang Kabung Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Yoserizal mengatakan, penyemprotan disinfektan untuk perumahan lainnya, pihaknya masih menunggu permintaan dari warga perumahan setempat.

Penyemprotan disinfektan di lingkungan rumah warga Komplek Perumahan Singalang yang disaksikan Babin Kamtibmas Polsek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang  Aptu Amin Syafri, disambut positif oleh warga komplek perumahan setempat. (Rony Dz)

Terkini