Pemberi Bantuan bagi Warga Terdampak Covid-19 agar Koordinasi dengan Pemprov

Selasa, 14 April 2020, 09:00 WIB Last Updated 2020-04-14T02:00:00Z


(ilustrasi)

Jakarta, fajarharapan.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta seluruh pihak yang ingin memberikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19 untuk berkoordinasi dengan Pemprov DKI.

Koordinasi bisa dilakukan dengan pihak kelurahan. "Paling mudah datangi kelurahan setempat. Nanti langsung akan dibantu untuk mekanisme distribusi (bantuannya)," ujar Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/4/2020). 

Pemprov DKI Jakarta, kata Anies, telah berkoordinasi dengan lembaga-lembaga pengelola bantuan sosial untuk mendistribusikan bantuan.

Bansos Koordinasi itu membuat proses distribusi bantuan berjalan teratur karena tidak mengumpulkan massa yang berpotensi menyebarkan virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19.

"Yang dikoordinasikan ini proses pelaksanaannya jauh lebih teratur karena tidak dengan cara mengumpulkan orang, tapi justru dengan mengantarkan barang," kata dia.

Anies mengapresiasi langkah sejumlah pihak yang mau memberikan bantuan untuk warga terdampak Covid-19. "Kami harus apresiasi nomor satu bahwa pembatasan sosial justru menghasilkan solidaritas sosial karena membantu sesama," ucap Anies sebagaimana dikutip pada kompas.com.

Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. PSSB Jakarta diberlakukan sejak 10 April 2020. PSBB diterapkan selama 14 hari atau sampai 23 April 2020 dan dapat diperpanjang. (*)




Terkini

Hukrim

+