Gubernur Sumbar Harap Pasien Corona Lain Menyusul Sembuh

Senin, 06 April 2020, 23:00 WIB Last Updated 2020-04-06T16:00:02Z


(Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno)

Padang, fajarharapan.com - Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno bersyukur hari ini, Senin (6/4/2020) sudah ada pasien positif Corona di Sumbar berhasil sembuh. 

Irwan Berharap kesembuhan ini menjadi pemicu semangat pasien lainnya untuk lebih optimistis pulih dari covid-19.

''Alhamdulillah sudah ada yang sembuh. Semoga menyusul berikutnya yang terkena positif Corona akan negatif,'' kata Irwan Prayitno.

Di Sumatera Barat hingga hari ini, pasien positif Corona sebanyak 18 orang. Sembilan pasien dirawat di RSUP M Djamil Padang dan RS Achmad Muchtar Bukittinggi, tujuh pasien lainnya melakukan isolasi mandiri di rumah, 1 pasien berhasil sembuh, dan 1 lagi pasien meninggal dunia.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Sumbar sebanyak 3.648 orang. Dari jumlah tersebut 1.744  ODP masih dalam pemantauan dan 1.904 orang sudah selesai pemantauan.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumbar 85 orang. Dari jumlah tersebut 16 PDP masih dirawat atau masih menunggu hasil, delapn pasien PDP masih diisolasi di rumah dan 61 PDP sudah dinyatakan negatif covid-19.

Sebelumnya  Direktur Rumah Sakit Achmad Muchtar Bukittinggi, Khairul mengatakan satu pasien positif corona yang diisolasi di di RSAM sudah dinyatakan sembuh.

Khairul menyebut kepastian itu didapatkan setelah dua kali hasil swab pasien dinyatakan negatif oleh Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

"Satu orang sembuh. Dokternya sudah tindaklanjuti. Sudah tidak ada lagi virus di dalam tubuhnya. Kemungkinan dipulangkan hari ini," kata Khairul kepada Republika, Senin (6/4/2020).

Khairul menyebutkan pasien positif corona di RSAM yang sembuh tersebut seorang laki-laki berusia 41 tahun. Pasien berasal dari Kabupaten Tanah Datar.

Setelah ini, pihak RSAM kata Khairul akan memulangkan pasien. Walau sudah dinyatakan sembuh, Khairul meminta pasien agar tetap menjaga diri supaya tidak kembali tertular wabah covid-19 yang saat ini masih cenderung meningkat di Sumbar.

Pasien asal Tanah Datar ini menurut Khairul merupakan pasien yang kedua dinyatakan positif dan diisolasi di RSAM. Pasien sudah diisolasi di RSAM sejak 20 Maret lalu sebagaimana dikutip pada republika.co.id.

Dengan keluarnya satu pasien tersebut kini di RSAM terdapat 4 orang lagi yang masih diisolasi karena positif Covid-19. Ia berharap semua pasien positif covid-19 di RSAM segera sembuh. "Ada 4 lagi yang masih dirawat," ucap Khairul. (*)


Terkini