Fraksi Golkar Minta Gubernur Segera Cairkan BLT untuk Rakyat

Jumat, 24 April 2020, 19:55 WIB Last Updated 2020-04-24T12:55:08Z



H. Afrizal, SH, MH

Padang, Fajarharapan.com-Sekretaris  Fraksi Partai Golkar DPRD Sumbar Afrizal minta Gubernur selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Sumbar untuk segera mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada rakyat yang terdampak wabah Corona.

"Sudah tiga hari berjalan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumbar. BLT belum juga dibagikan. Tunggu apa lagi, dana sudah standby.  Pendataan sudah pula dilakukan. Apa tunggu rakyat mati kelaparan dulu, baru dicairkan. Sementara rakyat sudah memekik, " kata Afrizal di Padang.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar ini sudah gerah melihat kerja tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar ini, yang belum juga action menyalurkan BLT dan bantuan lainnya. Apalagi PSBB sudah diberlakukan yang salah satu tujuannya untuk membatasi pergerakan atau aktivitas masyarakat di luar rumah.

"Rakyat disuruh di rumah saja, tapi hak rakyat untuk mendapatkan BLT belum ada tanda-tanda. Aparatur pemerintah masih sibuk mendata terus, entah sampai kapan siapnya. Karena itu pula, wajar pula kiranya rakyat dengan sangat terpaksa keluar rumah cari makan," ujar Afrizal.

Dijelaskan, Pemprov juga beberapa kali rapat dengan DPRD untuk merealokasi dana APBD Sumbar untuk penanganan Corona. Setidaknya ada Rp600 miliar, dialokasikan untuk ini, termasuk bantuan kepada masyarakat terdampak wabah Corona. Sudah masak dana ini untuk sektor penanganan Corona tersebut.

Tapi sampai saat ini, masyarakat belum mendapatkannya. Masih berupa janji-janji manis yang disampaikan pejabat pemerintah kepada mereka. ,"Segeralah cairkan wahai gubernur, bupati, walikota. Jangan sampai amarah masyarakat memuncak. Kalau ada kekurangan atau belum lengkap, bisa disusul. Plafon peruntukannya kan sudah ada di SK Gubernur," sebutnya.

Afrizal mengaku, kalangan parpol, ormas, orsos sudah turun ke lapangan membagikan sembako kepada warga terdampak wabah Corona, termasuk jajaran Partai Golkar. Tapi di lapangan, banyak yang tidak tercaver, karena keterbatasan anggaran sehingga yang terdampak banyak.

Dia berharap Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar bersama jajarannya, untuk bersungguh-sungguh, ikhlas dan hati tulus menyalurkan bantuan BLT tersebut, termasuk upaya lain dalam rangka pelaksanaan PSBB sesuai harapan bersama.

"Sekarang, sepertinya PSBB urang, PSBB pula awak. Kok imbauan, selebaran, spanduk hampir di semua titik dipasang. Tapi ini butuh ketulusan dan keikhlasan tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar. Meminta dengan penuh harap saya  kepada gubernur, bupati, Walikota untuk bergerak cepat, ikhlas dan tulus," ujarnya.(***)

Terkini