Notification

×

adsense

Iklan

Di tengah Wabah Corona, Alumni FPUA Galang Donasi untuk Peduli Sesama

Kamis, 23 April 2020 | 20:27 WIB Last Updated 2020-04-23T13:27:46Z


BERIKAN-Waketum DPP IKA FPUA, Fadly Rustam bersama Wasekjen Ferdinal Asmin menyerahkan paket bantuan pangan ke Panti Asuhan Anak Mentawai. Alumni FPUA menggalang donasi dari alumni sebagai wujud peduli kepada sesama di tengah wabah Corona.

Padang, Fajarharapan.com
-Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas (FPUA) jumlahnya lebih 9 ribuan orang. Mereka tersebar di berbagai daerah dan beragam profesi. Di tengah wabah Corona saat ini, hati mereka ikut terketuk membantu warga terdampak wabah Corona dan bantuan APD untuk tenaga medis.

Dikomandoi oleh Mahyeldi Ansharullah sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni FPUA, semua bergerak tanpa melihat latar belakang alumni, apalagi dikait-kaitkan dengan politik. Apalagi alumni FPUA, cukup banyak pula berada di berbagai parpol.

"Kita tidak membawa nama parpol,  ormas dan  lainnya. Ini atas nama alumni FPUA. Apalagi saat kuliah di FPUA, kita ditempa, dididik dan diasah untuk selalu peduli dan mengabdi terhadap sesama. Ya, dimasaknya kita dulu oleh dosen dan senior sebelum keluar dari FPUA," kata Waketum Fadly Rustam.

Lewat beberapa grup alumni, donasi pun digencarkan. Dan dalam waktu yang tidak lama,  untuk tahap I sudah terkumpul donasi dari alumni yang berada di seantero republik ini, termasuk APD.
Sambil berjalan donasi tersebut, beberapa pengurus DPP IKA FPUA juga merapatkan rencana donasi tersebut.

Rapat pada 20 April yang dihadiri oleh Ketua Harian (Syafrizal Jejeng), Waketum Bidang Organisasi, Pengembangan Alumni Muda, serta Pengembangan Jejaring dan Komunikasi (Fadli Rustam), Wasekjen (Ferdinal Asmin), Ketua Bidang Santunan Sosial (M. Ridwan Nst), dan Anggota Bidang Santunan Sosial (Mona Sisca) serta telah dilaporkan secara langsung dengan Ketum DPP IKA-FPUA, Mahyeldi disepakati rencana penyaluran partisipasi Alumni FPUA tahap 1.

Yaitu, untuk pembibitan jahe merah, dikerjasamakan dengan Dinas Pertanian Padang yang direncanakan berlokasi di BBI Sungai Lareh atau BPP Nanggalo.  Kemudian, penyediaan bahan pangan, guna menjangkau masyarakat yang lebih banyak.

Bahan pangan disalurkan dalam bentuk paket sembako senilai Rp200.000, dengan jumlah 70 paket.
Lalu, paket sembako terdiri atas beras Anak Daro 10 kg, telur ayam 1 papan, minyak goreng 1 liter, dan gula 1 kg.

Paket sembako ini dikerjasamakan dengan Alam Nur, alumni FPUA, yang menginovasi pembentukan Gudang Dapur Berkah Alam dengan mendidik mahasiswa berwirausaha sebagai Reseller dan juga mempekerjakan tamatan SLTA dan SLTP sebagai Transporter.

"Pembagian sembako direncanakan 50 paket untuk masyarakat sekitar Kampus Unand Limau Manis dan 20 paket untuk masyarakat sekitar Sekretariat AFTA GOR Haji Agus Salim Padang," tambah Ridwan.

Berikutnya, baju Hazmat 10 buah disalurkan kepada Bidan/Tenaga Kesehatan selingkar  Kampus Unand Limau Manis, termasuk masker masing-masingnya 1 lusin.

Masker juga diberikan berbarengan dengan paket sembako, dimana setiap paket sembako akan diberikan 5 buah Masker. Penyaluran masker juga direncanakan ke pekerja- pekerja informal yang membutuhkannya.

"Alhamdulillah, semua sudah tuntas dilaksanakan. Masyarakat dan tenaga medis berterima kasih banyak kepada alumni FPUA. Donasi tetap kita buka, untuk tahap II. Kita kompak, peduli, Insya Allah bisa berbuat," kata Ridwan. (***)

adsense

×
Berita Terbaru Update