Notification

×

adsense

Iklan

17 Orang Tertular Covid 19 di Pasar Raya Padang

Minggu, 19 April 2020 | 17:00 WIB Last Updated 2020-04-19T10:00:05Z
(ilustrasi)
Padang, fajarharapan.com - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menemukan 48 kasus baru positif virus corona (Covid-19) hingga Sabtu (18/4/2020). Sebanyak 17 di antaranya adalah orang yang tertular virus corona usai beraktivitas di Pasar Raya Padang.
"Hingga hari ini dari 48 kasus positif, sebanyak 17 kasus ditemukan dari warga yang beraktivitas di Pasar Raya Padang yaitu lantai dua, fase VII dan penjahit pakaian," kata Ferimulyani, Sabtu (18/4/2020).

Penularan di Pasar Raya Padang ditemukan usai ada satu orang yang positif terinfeksi. Pemkot Padang lalu melakukan tes swab terhadap mereka yang sempat berinteraksi langsung dengan yang pertama dinyatakan positif corona.

Hasilnya, ada 17 orang positif terinfeksi berdasarkan hasil tes swab. Ferimulyani mengatakan Pemkot Padang langsung melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Raya Padang, terutama di lokasi yang sempat dikunjungi pasien positif corona.
"Kami berharap selama penyemprotan disinfektan pedagang di sekitar tidak beraktivitas untuk sementara waktu mencegah penularan kasus baru," ujarnya.
Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan Pasar Raya saat ini berstatus zona merah. Pihaknya juga memberlakukan karantina bagi warga yang kontak langsung dengan pasien positif.

Mahyeldi mengaku bakal melakukan penyemprotan disinfektan secara besar-besaran untuk memutus mata rantai penyebaran. Dia juga telah memerintahkan Kepala Dinas Perdagangan untuk menertibkan lokasi di Pasar Raya agar penyemprotan bisa lebih maksimal.
"Kalau penyemprotan secara masif maka aktivitas perdagangan untuk sementara waktu akan dikendalikan," kata dia.

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Padang hingga 18 April 2020, ada 48 orang positif. Dari jumlah itu, 6 meninggal, 13 orang dinyatakan sembuh sebagaimana dikutip pada cnnindonesia.com.

Dari 11 kecamatan di Padang sebanyak sembilan kecamatan merupakan zona merah. Dua kecamatan yang masih belum ada kasus corona adalah Nanggalo dan Bungus Teluk Kabung. (*)

adsense

×
Berita Terbaru Update