Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

KOMISI II, KEMENDAGRI, KPU DAN BAWASLU Sepakat Keluarkan Perppu Penundaan Pilkada 2020

Senin, 30 Maret 2020 | 21:03 WIB Last Updated 2020-03-30T14:03:37Z


Drs. H. Guspardi Gaus, M.Si


Jakarta, Fajarharapan
Komisi II DPR, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), KPU dan Bawaslu sepakat menunda pelaksanaan Pilkada 2020. Dalam rapat dengar pendapat (RDP), Senin (30/3), KPU menyampaikan tiga opsi penundaan Pilkada.

Pertama, ditunda tiga bulan sehingga ahri pemungutan suara akan jatuh pada 9 Desember 2020. Kedua, ditunda enam bulan dengan hari pemungutan suara 17 Maret 2021. Ketiga, ditunda dua belas bulan, hari pemungutan suara 29 September 2021.

"Tiga opsi itu yang disampaikan KPU di hadapan Komisi II DPR," sebut Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus yang dihubungi tadi malam.

Disebutkan, semua pihak setuju pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 ditunda. Namun, kepastian lama waktu penundaan belum disepakati sebab masih terdapat beda pendapat. Keputusan akan diambil oleh DPR, Pemerintah, dan KPU pada rapat selanjutnya.
Namun yang sudah mulai mengerucut, tampaknya Pilkada 2020 tidak bisa dilaksanakan pada  2020.

Selain itu, semua pihak juga telah menyepakati penundaan Pilkada diatur di dalam peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu). Revisi UU Pilkada dinilai tak dapat dijalankan karena membutuhkan pertemuan pembahasan secara intensif. Revisi ini memerlukan rapat-rapat pembahasan oleh Komisi II secara intensif, padahal ada aturan social distancing.

Soal anggaran Pilkada yang belum terpakai oleh penyelenggara pemilu, juga disepakati adanya realokasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk penanganan Coronavirus disease 2019 (Covid-19).

"Semua sepakat, penanganan pandemi harus lebih didahulukan dibanding kontestasi politik,” kata Guspardi Gaus, politisi PAN asal Dapil Sumbar II ini.

Kesimpulan rapat tersebut ditandangani oleh Mendagri Tito Karnavian, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan dan Plt. Ketua DKPP Prof Muhammad. (***)

×
Berita Terbaru Update