Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

GUSPARDI GAUS : Lulusan Ponpes Harus Bisa Jadi Pengusaha

Senin, 09 Maret 2020 | 19:09 WIB Last Updated 2020-03-09T12:09:06Z


MENERIMA-Anggota DPR, H. Guspardi Gaus didampingi Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur menerima tanda kenang-kenangan dari Ketua Yayasan Subulusssalam, Elidawati, usai tampil dalam talkshow yang diadakan pengelola ponpes Subulussalam. (ist)


Pariaman, Fajarharapan
Lulusan pondok pesantren (ponpes) diakui memahami lebih dalam ilmu agama sehingga para lulusannya banyak bergerak di sektor ini, termasuk mengelola ponpes. Ke depan, alumni ponpes juga harus bisa sukses di dunia lain seperti pengusaha.

"Harus bisa sukses jadi pengusaha, politisi dan akademisi. Soalnya banyak juga alumni ponpes yang tidak hanya sukses menguasai bidang keagamaan, tapi sukses juga yang bergerak di sektor lain. Singkat kata, mindset harus diubah," terang Anggota DPR dari Fraksi PAN, H. Guspardi Gaus, Minggu (8/3).

Di hadapan pengelola, pengurus dan santriwan/wati ponpes Subulussalam, Lubuk Pandan, Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Padang Pariaman, Guspardi mencontohkan beberapa tokoh nasional yang menimpa ilmu di ponpes tapi kini dikenal sebagai pengusaha maupun politisi hebat.

Keberhasilan di dunia lain yang dicapai lulusan ponpes itu, membuat ponpes tersebut, makin dikenal dan diminati. Para orang tua memilih ponpes dimaksud untuk pendidikan anaknya dan di sisi lain, pengelola ponpes akan terus pula berinovasi agar melahirkan lulusan yang tidak hanya kaya ilmu agama tapi juga mampu bersaing dengan lulusan sekolah umum.

Guspardi mencontohkan kepada yang dia alami sendiri. Tamat dari ponpes di Agam, lalu berlanjut kuliah di IAIN (kini UIN) Imam Bonjol hingga menjadi dosen, di samping menggeluti dunia bisnis. Dua profesi ini ditekuni dan sukses karena berkat tempaan di ponpes.

"Terjun di dunia politik dan menjadi anggota DPRD Sumbar pada 1999 dan tiga periode diamanahkan rakyat di sini, karena memang diasah saat menjadi santri dulunya. Alhamdulillah, pada Pileg 2019, dipercaya menjadi wakil rakyat di Senayan," sebut Guspardi.

Guspardi dalam talkshow yang juga dihadiri Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur itu, mengapresiasi ketua yayasan yang mempunyai komitmen tinggi untuk membesarkan ponpes Subulussalam. Untuk itu diharapkan lulusan ponpes ini harus memanfaatkan visi dan misi yang dicanangkan yayasan mencetak generasi Rabbani yang siap membenahi ekonomi umat.

"Yakinlah kesungguhan dan kerja keras akan mewujudkan enterpreneur muslim dan muslimah masa depan. Kita harus mampu bersaing di semua bidang dan salah satu bidang yang perlu dikuasai adalah bidang bisnis," pungkas Guspardi.

Sebelumnya, Ketua Yayasan Subulusssalam,  Elidawati yang juga CEO Elzatta Group mengatakan, yayasan Subulussalam sedang giat-giatnya membangun fasilitas di antaranya minimarket, mushalla Ruwaiyah khusus putri, Unit kesehatan pesantren, depot air dan Kantin Pujasera.

Disebutkan, visi ke depan ponpes Subulussalam ini bagaimana menciptakan generasi rabbani yang
siap untuk mempunyai bekal jadi entreprenuership.

Salah satu program unggulannya, santriwan/wati saat di kelas 2 Alyah melakukan kerja praktik enterpreneurship ke group Elzatta di Bandung selama 2 minggu. Saat ini  pesantren juga mendirikan SMART yang bergerak di bidang minimarket yg merupakan kerja keras dari santri tingkat Alyah," katanya. (***)


akbar.jpg pd dir utama20

×
Berita Terbaru Update