Notification

×

Horizontal

Iklan

Guspardi Desak Pemerintah segera Kirim APD ke Daerah

Rabu, 25 Maret 2020 | 10:41 WIB Last Updated 2020-03-25T03:41:55Z
Drs. H. Guspardi Gaus,M. Si


Jakarta, Fajarharapan
Presiden Jokowi melalui siaran persnya, Senin (23/3) menyatakan  akan mendistribusikan 105 ribu APD ke seluruh rumah sakit yang ada di Tanah Air
mendapatkan apresiasi  dari anggota DPR Fraksi PAN Guspardi Gaus .
Pernyataan presiden ini harus di ditinjaklanjuti dengan cepat oleh kepala daerah seluruh Indonesia  agar kekurangan APD untuk tenaga medis dalam rangka tanggap darurat dalam  pencegahan penyebaran Virus Covid -19 dapat teratasi .

"Saya berharap pemerintah pusat segera mendistribusikan ke daerah seluruh indonesia karena Alat Perlindungan  Diri (APD) sulit ketersediaannya di daerah," katanya.

Menurut Guspardi, pemprov  harus jemput bola untuk segera mendapatkan APD dari pemerintah pusat. Dari total 105 ribu APD yang disiapkan pemerintah pusat, 45 ribu unit akan didistribusikan di DKI Jakarta,  Bogor, dan Banten. Kemudian 40 ribu unit akan didistribusikan untuk Jabar, Jateng, Jatim, DIY, Bali, dan 10 ribu akan didistribusikan ke seluruh provinsi yang ada di luar Jawa serta 10 ribu sebagai cadangan.

Di sisi lain Anggota Komisi II ini juga mendesak ketua Gugus Tugas COVID-19 Letjend TNI Doni monardo agar segera mendistribusikan 105 ribu Alat Perlindungan Diri (APD) untuk tenaga medis kesejumlah propinsi di Indonesia karena alat tersebut sangat dibutuhkan oleh para medis di daerah. Selain itu Guspardi juga meminta kepada Doni untuk segera pula mendistribusikan 70 ribu tambahan APD yang merupakan produksi dalam negeri yang akan diterima pemerintah guna menjawab kegalauan dan kelangkaan alat tersebut.

Menurut informasi dari berbagai sumber dikatakan , rumah sakit dewasa ini sangat kewalahan menangani Orang Dalam Pengawasan (OPD) dan Pasien Dalam Perawatan (PDP) hal itu dikarenakan jumlahnya semakin meningkat. Disisi lain kondisi yang memiriskan banyak rumah sakit kekurangan Alat Perlindungan Diri (APD) sehingga petugas medis terpaksa menggunakan jas hujan sebagai APD. Tanpa APD  yang memadai tentunya tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan  dalam penanganan Covid -19 akan berisiko tinggi tertular virus

Menyikapi kondisi ini , Guspardi yang juga sebagai anggota Badan Legislastif DPR RI mengimbau untuk selalu mengkampanyekan Jaga jarak aman dengan orang, hindari kerumunan orang ramai dan tidak perlu keluar rumah jika tidak urgent sekali ,serta selalu lakukan pola hidup bersih dan sehat.

"Terkait dengan semua itu, masyarakat sebaiknya mendukung pemerintah. Jangan ada polemik dan perdebatan yang menguras energi. Semuanya harus bersatu melawan penyebaran virus Covid 19- ini," katanya. (***)

×
Berita Terbaru Update