Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Koneksitas Pariwisata Kerinci - Sumbar Menjanjikan

Jumat, 28 Februari 2020 | 16:05 WIB Last Updated 2020-02-28T09:05:32Z



MATERI-Kadis Pariwisata Sumbar, Novrial memaparkan materi terkait koneksitas pariwisata Sumbar-Kerinci. (ist)

Padang, Fajarharapan
Koneksitas pariwisata Kerinci-Sumbar menjanjikan. Bahkan jika dikemas dan ditindaklanjuti akan memberikan keuntungan positif bagi kedua daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial kepada Singgalang, Kamis (27/2) di Padang, menyebutkan hal itu terungkap dalam rapat kerja Himpunan Keluarga Kerinci dan Seminar Nasional Pengembangan Kepariwisataan Kerinci di Cibubur (Jawa Barat), 22-23 Februari lalu.

Disebutkan, rasionalitas Kerinci menggagas koneksitas Kerinci - Sumbar ini ada beberapa faktor pendukung yaitu, sejarah dan kesamaan budaya. Lalu, kedekatan geografis khususnya dengan Solsel dan Pessel.

"Kemudian potensi keikutsertaan Prov. Jambi (Kab. Kerinci dan Kota Sei Penuh) pada TdS 2019 yang mudah-mudahan akan ditambah dengan Kab. Merangin di 2020," sebutnya.

Dijelaskan, potensi koneksitas didasari oleh jarak Kota Padang-Kerinci via Solsel yang ditempuh 7 jam. Begitu pula via Pessel juga 7 jam. Sementara Kota Jambi - Kerinci ditempuh 9 jam. Dengan kata lain, Kerinci ke ibukota Jambi sendiri lebih lama ketimbang ke Solsel atau Pessel.

Memang ada alternatif jalur udara Jambi - Kerinci yang saat ini hanya dilayani 1 flight ATR. Tapi sekarang juga menghadapi kendala cuaca dataran tinggi dengan posisi 3.805 meter dpl.

Dari sisi pilihan destinasi dan atraksi di daerah segitiga "Solsel - Kerinci -Pessel" sangat variatif. Mulai dari sungai, air terjun, danau, kebun teh,  gunung, hutan tropis, kawasan geopark, sejarah budaya dan pemerintahan PDRI (rumah Mande Rubiah dan kantor pemerintahan PDRI bidar alam), pantai dan pulau-pulau kecil di kawasan Mandeh.

"Yang perlu ditindaklanjuti adalah komitmen antar daerah Provinsi Sumbar - Jambi dan kabupaten/kota terkait, ekspansi rute TdS, desain rute dan paket wisata terintegrasi di kawasan segitiga tersebut, promosi bersama melalui berbagai media lokal, nasional, internasional, dan lainnya," terang Novrial.

Dalam Seminar Nasional Pengembangan Kepariwisataan Kerinci, hadir Gubernur Sumbar diwakili Kadis Pariwisata Novrial, Menteri Parekraf dan mantan Menteri Pariwisata yang juga putra Jambi, Marzuki Usman. Hadir juga Ketua DPRD Jambi, beberapa bupati/walikota se-Provinsi Jambi dan sejumlah tokoh lainnya. (***)


×
Berita Terbaru Update