Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

BNN Akan Lakukan Tes Urine di Segala Stakeholder di Pasbar

Jumat, 28 Februari 2020 | 19:13 WIB Last Updated 2020-02-28T12:13:27Z
Bupati Pasbar, Yulianto dan Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effenry usai melakukan koordinasi perangi narkoba di rumah dinas Bupati setempat. (Ist)

PASBAR, fajarharapan.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) akan melaksanakan program Nagari bersih dari Narkoba, dengan melakukan tes urine di setiap nagari dan terhadap pekerja di perusahaan yang ada di daerah itu.

Menurut Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effenry, program ini sangat penting untuk memerangi narkoba dari segala lini. "Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Bupati mengenai program yang akan dilaksanakan," sebutnya, Jumat (28/2/2020).

Ia mengatakan, pada prinsipnya Bupati sangat setuju dan mendukung. Nantinya Bupati turut menandatangani surat edaran ke Perusahaan untuk melakukan tes urine tersebut. BNN juga akan melakukan MoU dengan pihak lainnya, dan juga didukung Bupati.

Irwan mengaku, Bupati Yulianto selama ini sangat berjasa terhadap berdirinya BNNK Pasbar ini. Awal BNNK Pasbar terbentuk diketuai langsung oleh H.Yulianto dan beliau juga yang jemput bola ke pusat, sehingga BNNK dapat segera berdiri di bumi tuah basamo.

"Dulunya sewaktu menjabat jadi Wakil Bupati, beliau sangat mendukung dan sangat berjasa serta begitu besar kepeduliannya terhadap generasi muda di Pasbar, hingga akhirnya berdirilah BNNK yang definitif sebagai lembaga negara di Kabupaten Pasbar ini," ungkap Irwan.

Untuk itu Irwan menegaskan, pihaknya akan menyurati seluruh perusahaan untuk dilakukan tes urine secara berkala. Serta dibentuknya Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba di setiap Sekolah, mulai dari SMP hingga SMA/SMK melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Dengan itu kata Irwan, Satgas ini bisa membantu mensosialisasikan program P4GN di Lingkungan tempat tinggalnya," katanya.

Disamping itu, pihak telah melakukan koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasbar. Pada prinsipnya Kemenag sangat setuju, karena didalam sepuluh prinsip dasar Kemenag itu juga tercantum mengenai perang terhadap narkoba," terangnya didampingi Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Pasbar, Maulana Rhivai Henim.

Irwan juga menyampaikan, akan melakukan tes urine terlebih dahulu terhadap para Calon Pengantin (Catin) sebelum melakukan pernikahan, dengan tujuan agar terhindar dari generasi pecandu narkoba.

"Jadi apabila nanti Catin ini terbukti positif mengkonsumsi narkoba, akan diasesmen terlebih dahulu dan dilakukan rehabilitasi," terangnya.

Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama para orang tua, agar terus mengawasi dan memberikan pengertian kepada anak-anak mereka di rumah, agar tidak mendekati narkoba, apalagi mencoba dan akhirnya kecanduan.

"Saat ini Narkoba itu adalah musuh yang nyata, narkoba itu ada dimana saja dan bahkan menyerang siapa saja, tidak pandang usia, bahkan anak dibangku SD sekalipun, sudah ada yang menjadi korban barang haram ini," katanya.

(Nil)
×
Berita Terbaru Update