Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bertekad Raih LAKIP BB, Ini yang Dilakukan Pemkab Padang Pariaman

Rabu, 26 Februari 2020 | 22:30 WIB Last Updated 2020-02-26T15:30:24Z
Inspektur Hendra bersama Camat Batang Gasan Erman Sudin  penyampaian LAKIP Kecamatan di Aula Inspektorat, Rabu (26/2).

Parit Malintang, fajarharapan.com Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bertekad menaikkan peringkat Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) menjadi BB untuk penilaian tahun ini. Diketahui bahwa tahun 2019, Padang Pariaman hanya meraih nilai B yang diserahkan oleh Kementerian PAN dan RB beberapa waktu lalu.

"Tahun 2019, kita dapat nilai B. Sesuai arahan Bapak Bupati untuk LAKIP tahun 2020 harus lebih baik lagi, harus raih nilai BB," tegas Inspektur Hendra Aswara saat menghadiri ekspos Camat di Ruang rapat Inspektorat, Parit Malintang, Rabu (26/2)

Guna memenuhi target tersebut, kata Hendra, Bupati Ali Mukhni menekankan kepada seluruh OPD dan kecamatan untuk komitmen dan menguasai tugas pokok dan fungsi yang telah dibuat untuk mempresentasikan di depan Tim Penilai LAKIP dari Kemenpan dan RB.

“Evaluasi LAKIP meliputi lima komponen manajemen kinerja yaitu perencanaan kinerja, pengendalian, pelaporan, pengendalian internal dan capaian kinerja” kata Hendra yang mantan Kepala Dinsos itu

Menurutnya, ada 2 (dua) hal yang perlu dipahami oleh setiap instansi pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut. 

Pertama, memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program/kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. Kedua, memastikan bahwa penghematan anggaran yang dilakukan hanya dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang tidak penting atau tidak mendukung kinerja instansi.

“Langkah konkret yang dilakukan mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien” ujar mantan Kabag Humas itu.  

Ditambahkannya, Inspektorat telah menyusun jadwal ekspos Kepala OPD dan Camat mengenai LAKIP. Adapun tanggal 24-28 Februari 2020 diagendakan untuk Kecamatan. Pun tanggal 2-6 Maret 2020 diagendakan untuk Kepala OPD. Kesemua kegiatan itu akan dilaksanakan di ruang rapat Inspektorat dan dihadiri oleh Pejabat struktural masing-masing OPD.

“Adanya komitmen OPD, kita optimis raih nilai BB tahun depan” sebut mantan Kadis Penanaman Modal Pelayanan Terpadu itu mengakhiri. (r-saco)
×
Berita Terbaru Update