Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pelaku UMKM Didorong untuk Kreatif

Minggu, 17 November 2019 | 10:11 WIB Last Updated 2019-11-17T03:11:39Z
.

PADANG Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan industri makanan berskala rumahan di Kecamatan Padang Selatan menciptakan souvenir dan kuliner yang unik dan kreatif untuk dikomersilkan. 

Pelaku industri makanan skala rumah tangga agar terus berinovasi seiring perkembangan tren dan teknologi terkini menciptakan ide atau penemuan baru. Begitu juga pelaku UMKM juga harus berinovasi menciptakan sounvenir yang unik dan cantik.

"Padang Selatan ini adalah salah satu pintu gerbangnya wisata di Kota Padang. Saya berharap kepada pelaku usaha UMKM, industri makanan skala rumah tangga agar selalu menciptakan souvenir, kuliner yang unik dan kreatif untuk dapat dikomersilkan. Tidak saja di jual di lokasi objek wisata, tapi bisa juga lewat online," ujar Hendri Septa, Jumat (15/11).

Hal itu diungkapkan wakil walikota ketika membuka bazar UMKM ekonomi kreatif se-Kecamatan Padang Selatan, Jumat 15 November. Kegiatan itu memperlombakan kuliner unik dan produk unggulan UMKM masing-masing kelurahan.

Kegiatan yang juga dimaksudkan untuk memeriahkan maulid Nabi Muhammad SAW tersebut juga memperlombakan berbagai kegiatan. Lomba suntiang randah atau suntiang cucuak, menghias mahar dan lomba lagu 18.21 yang dipopulerkan istri Walikota Padang, Ny. Harnelli Mahyeldi.

Lomba yang diikuti kader PKK dan bundo kanduang se-Kecamatan Padang Selatan tersebut memperebut  berbagai hadiah, kulkas, televisi, kompor gas dan lainnya. Pada kesempatan tersebut wakil walikota juga menambah hadiahnya satu unit sepeda santai.

Menurut Hendri, Kecamatan Padang Selatan yang merupakan gerbangnya wisata Kota Padang tersebut harus menjadi sumber inspirasi bagi warga untuk kreatif dan berinovasi. Tidak saja menciptakan kuliner yang unik dan kreatif untuk dijual di berbagai objek wisata dan online juga didorong agar menciptakan berbagai souvenir yang unik yang bercirikhaskan Kota Padang.
Ia menyampaikan, dalam konteks bisnis atau industri, inovasi bernilai komersial merupakan kreasi, pengembangan dan implementasi suatu produk atau layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, ataupun keunggulan bersaing. 

"Jadi saya sangat mendukung bazar UMKM seperti ini sekaligus untuk mendorong pelaku industri rumah tangga tidak saja menciptakan kuliner unik tapi juga membuat souvenir unik tidak saja dijual pada wisatawan, tapi bisa juga melalui online," tambahnya.

Seiring perkembangan zaman, untuk memasarkan satu produk tidak begitu sulit. Bahkan ia mencontohkan saat dia membeli satu produk yang unik, dia tidak mengetahui siapa penjual, hanya ketemu lewat internet. "Kini untuk memasarkan suatu produk tidak begitu sulit, dan tidak perlu pula menyewa toko, cukup dipasarkan lewat media sosial atau aplikasi online lainnya," sarannya.

Sementara itu, Camat Padang Selatan, Fuji Astomi menyebutkan, bazar UMKM ekonomi kreatif tersebut akan dijadikan agenda tahunan kecamatan. Hal itu juga salah satu cara mendorong UMKM dan industri makanan rumahan untuk menciptakan produk untuk dipasarkan.

Menurutnya, gebyar UMKM tersebut juga mendukung program unggulan walikota Padang dan dijadikan momen terbaik dalam beraktivitas ekonomi di tengah masyarakat. Gebyar UMKM tersebut juga salah satu bentuk komitmen Padang Selatan dalam memberdayakan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.(andri)
×
Berita Terbaru Update