Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Ketua PWM Sumbar Resmikan Panti Asuhan Baru

Senin, 25 November 2019 | 06:06 WIB Last Updated 2020-02-16T05:35:18Z

Plakat Panti Asuhan Al-Muttaqin yang baru saja diresmikan Ketua PWM Sumbar Dr. H. Shofwan Karim Elhussaini, MA.(musriadi musanif)


PADANG PARIAMAN--Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumbar Dr. H. Shofwan Karim Elhussaini, Minggu (24/11), meresmikan beroperasinya Panti Asuhan Al-Muttaqin di Kayutanam, Padang Pariaman.

Pati asuhan yang terletak di Komplek Masjid Muhammadiyah Al-Muttaqin itu, merupakan salah satu amal usaha organisasi yang kini sudah memasuki usia 107 tahun tersebut.

Shofwan menyebut, panti asuhan itu didukung penuh pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah, mulai dari tingkat Cabang Kayutanam hingga Daerah Muhammadiyah Padang Pariaman. “Gedung untuk panti ini berlantai dua dan erletak di bagian timur Masjid Al-Muttaqin,” katanya kepada Singgalang, Senin (25/11).

Disebutkan, saat ini fasilitas tersedia adalah ruang tidur dengan 20 difan bertingkat. Ada ruang beajar dan ruang Tahfidz Alquran, toilet, dan ada pula tempat tinggal ustadz pembimbing.

Masjid Al-Muttaqin yang merupakan icon Muhammadiyah di Kayutanam, dan sudah amat dikenal umat Islam yang melintasi jalur utama lalu lintas tersibuk di Sumbar itu, sudah berdiri sejak 1991 agas dukungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang pada waktu itu ditangani langsung H. Lukman Harun.

Sedangkan untuk mendirikan panti asuhan, sudah dirintis sejak tiga tahun lalu. Karena belum tersedianya fasilitas panti, sebut Shofwan, mereka masih belajar bersama di luar. Anak-anak itu, kata dia, masih tinggal bersama anggota famili dari almarhum/almarhumah orangtua mereka.

“Kini panti asuhan sudah ada, dan pemakaiannya kita resmikan. Semoga akan memberi lebih besar bagi kesejahteraan umat dan kemajuan persyarikatan. Anak-anak kita itu sudah tinggal dan menetap di sini, mereka akan mengikuti pendidikan dan pembinaan leih inensif,” kata Shofwan.

Sepanjang Minggu kemarin, jelasnya, PWM Sumbar bersama Muhammadiyah se-Sumbar memiliki agenda yang padat, terkait dengan sosialisasi menghadapi Muktamar Muammadiyah yang dijadwalkan pada pertengahan 2020 nanti. Selain itu, ujarnya, sejumlah Daerah Muhammadiyah juga menggelar kegiatan rutin bulana yang dikenal dengan istilah Hari Bermuhammadiyah (Harimu), di antaranya di Kabupaten Tanah Datar dan Sawahlunto.

“Ada enam agenda Muhammadiyah Sumbar pada hari itu yang secara simultan dilaksanakan. Sekretaris PWM Nurman Agus bersama Kerua LPCR Martaon Pulungan ke Pesisir Selatan, Dr. Bakhtiar ke Tanah Datar dan Sawahlunto, Dr. Irman mengikuti pelantikan pengurus Tapak Suci di gubernutan, dan Ketua MDMC Marhadi Efendi menyerahkan bantuan korban bencana alam di Maninjau dan Solok Selatan,” jelasnya.(Musriadi Musanif)
×
Berita Terbaru Update