Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Unand Berjaya di Kontes Robot Terbang 2019

Senin, 21 Oktober 2019 | 10:03 WIB Last Updated 2019-10-21T05:11:20Z
.

PASURUAN - Universitas Andalas yang diwakili Andalas  Flying Robot Generation (AFRG) kembali berjaya dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2019 di Surabaya, Jatim. Unand berhasil naik podium dengan meraih Juara 3 Kategori Racing Plane dan Juara 3 Kategori Fixed Wings.

Kontes yang dilaksanakan pada 1-4 Oktober 2019 di Lapangan TNI AL Grati, Pasuruan, Jatim dengan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai tuan rumah. Pada tahun sebelumnya, 2018, Unand mendapatkan penghargaan sebagai Best Solid Team Kategori Racing Plane dan Best Progresivitas Team pada Kategori Technology Development.

Pada KRTI 2017 Unand juga mendapatkan dua penghargaan yaitu Based Take Off Kategori Racing Plane dan Best Spirit Team pada Kategori Fixed Wings. Sebelumnya Unand juga pernah mendapatkan Juara 1 Kategori Racing Jet-Light Weight pada KRTI 2015 dan Harapan 1 kategori Fixed Wings pada KRTI 2016.

Unand memiliki kelompok riset dalam dunia perakitan robot terbang yang bernama Andalas Flying Robot Generation (AFRG). AFRG berasal dari Unit Kegiatan Himpunan (UKH) Airo Hidro Modelling, Jurusan Teknik Mesin. Oleh karena itu, mayoritas anggota AFRG berasal dari Jurusan Teknik Mesin, namun juga ada dari jurusan lain. Pada beberapa tahun belakangan ini anggota AFRG juga berasal dari Jurusan Teknik Industri, Teknik Elektro, dan Psikologi.

Proses riset di Unand oleh AFRG ini sudah dilakukan semenjak tahun 2015 yang lalu sampai sekarang. Adanya pertambahan generasi pada setiap tahunnya merupakan proses pencerdasan dan membangun pola pikir untuk perkembangan teknologi ke depannya terhadap generasi penerus.

AFRG dengan Asyraf Hadi Fauzi sebagai general manager menjadi perencana, penggerak, pengawas jalannya persiapan lomba KRTI 2019 agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu masing-masing tim yang turun untuk lomba dipantau oleh tiga dosen pembina terpilih Dr. Eng. Eka Satria dan Dr. Eng. Lovely Son (ahli di bidang konstruksi pesawat) serta Dr. Eka Rahmadi Kurnia (ahli di bidang system).

Pada lomba KRTI 2019, AFRG yang mewakili Unand mengikuti tiga kategori lomba yaitu Fixed Wings (FW) dengan Ketua Tim Helmi Yahya, Racing Plane (RP) Ghaly Ananda Bintang, dan Vertical Take Off Landing (VTOL)  Muhammad Fadel.

“Tim Unand berangkat dengan membawa semangat yang berapi-api dan siap untuk menaklukkan langit Surabaya. Tanpa kenal lelah kami sudah mempersiapkan pesawat sebaik dan serapi mungkin,” tutur Muhamad Fadel, salah satu anggota tim.

Menurut Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes,  terselenggaranya KRTI 2019 ini sebagai bentuk wujud majunya dunia teknologi robotic di Indonesia. Harapannya, para peserta teruslah berinovasi dan berkreasi untuk mewujudkan Indonesia maju.

GM AFRG Asyraf Hadi Fauzi mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan Unand bersama Fakultas Teknik dan Jurusan Teknik Mesin, Alumni AFRG, Bank Nagari, PT Semen Padang, PT Yasiga Sarana Utama, PT Zetka Niagatama, AA Catering, Toko Mas Murni yang telah memberikan bantuan dan support kepada AFRG sehingga berjaya dalam KRTI 2019 Pasuruan, Jawa Timur. (gk)
×
Berita Terbaru Update