Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Standar Akreditasi PAUD di Kota Padang Harus Ditingkatkan

Rabu, 02 Oktober 2019 | 16:03 WIB Last Updated 2019-10-02T12:04:16Z
Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius didampingi Kabid PAUDNI Nurhayati memberikan arahan pada kegiatan bimbingan teknis pembinaan satuan PAUD di Grand Zuri Hotel, Rabu (2/10).(sepri andy/fajarsumbar.com)

Padang, fajarharapan.com Dinas Pendidikan Kota Padang bidang PAUDNI mengadakan kegiatan bimbingan teknis pembinaan satuan PAUD yang terakreditasi se-Kota Padang, di Grand Zuri Hotel, Rabu (2/10).

Kegiatan yang diikuti 40 lembaga PAUD itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan standar akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Menurut Barlius, ke depannya semua lembaga PAUD yang ada harus mempunyai 8 standar kelayakan yang baku guna menentukan arah serta tujuan dari berdirinya lembaga tersebut.

Tujuan dari penetapan standar lembaga PAUD tidak hanya bisa bekerja, namun juga mempunyai kinerja dalam menjalankan aktivitasnya sebagai lembaga pendidik untuk anak usia dini, sehingga target yang diharapkan bisa dicapai sesuai apa yang diharapkan.
Pentingnya pendidikan anak usia dini itu, lembaga PAUD diharapkan lebih meningkatkan pengelolaan lembaganya untuk bisa meningkatkan standar akreditasinya sesuai yang diharapkan pemerintah dengan 8 standar kelayakan yang telah ditetapkan.

Ketua Pelaksana yang juga Kabid PAUDNI Dinas Pendidikan Kota Padang Nurhayati mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas biaya dari Direktorat Jendral PAUDNI Kemendikbud RI yang diperuntukan untuk kegiatan  bimbingan teknis 40 lembaga PAUD yang terakreditasi C di Kota Padang.

Menurut Nurhayati, dari 527 lembaga PAUD, 433 di antaranya terakreditasi B dan C. Sementara 31 akreditasi A. Diharapkan dengan adanya bimbingan teknis itu bisa meningkatkan akreditasi lembaga PAUD.

Syarat utama dalam penilaian akreditasi harus meliputi 8 standar nasional. Standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi (kurikulum), standar proses (perencanaan kegiatan), standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan manajemen, standar pembiayaan serta standar penilaian. (andy)
×
Berita Terbaru Update