Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Saber Pungli Polresta Padang Telah Lama Intai Oknum ASN

Sabtu, 19 Oktober 2019 | 19:11 WIB Last Updated 2019-10-20T04:55:42Z
.

Padang, fajarharapan.com - Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pungutan liar, kedua tersangka, satu ASN dan pemberi suap dilakukan penahanan di Mapolresta Padang.

Kedua tersangka ditangkap tim Saber Pungli Polresta Padang, setelah‎ dilakukan penyelidikan selama satu bulan.

"Kita telah lama mengintai gerak-gerik tersangka. Pengurusan BPHTB ini tidak sesuai dengan pajaknya, bervariasi. Terkait berapa jumlah yang harus dibayar tentu tergantung pajak yang diurus dari BPHTB tersebut," kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan, Sabtu (19/10).

Dikatakan, setelah itu, petugas terus meningkatkan penyelidikan. Dari pengintaian petugas, akhirnya kedua tersangka melakukan transaksi di lokasi penangkapan saat OTT kemarin.

"Namanya OTT jadi langsung uang diserahkan dari di pemberi suap dan penerima suap," ujar Yulmar.

Dikatakan, peran dari IZ yang merupakan ASN di Bapenda Padang, bisa saja calo ataupun membantu seseorang untuk pengurusan BPHTB dengan proses yang cepat.

"Yang jelas ini sudah berlangsung cukup lama, kurang lebih satu tahun," katanya.

Yulmar juga mengatakan, ke depan diharapkan instansi terkait untuk membuat edaran ataupun imbauan agar jangan menggunakan calo dalam kepengurusan administrasi di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

"Dengan adanya imbauan ini, diharapkan tidak ada lagi kasus seperti ini ditemukan di Padang," ujarnya.

Terakhir Yulmar mengatakan, pihaknya akan mendalami proses penyelidikan, setelah kedua tersangka berhasil ditangkap.

"Kita akan dalami proses penyelidikan, dari sana kita bisa mengetahui adanya indikasi atasan ataupun pimpinan dari oknum ASN yang ditangkap ini," tutupnya.(deri)
×
Berita Terbaru Update