Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Masyarakat Diharap Gembira dengan Dialog Tematik Keserasian Sosial

Minggu, 20 Oktober 2019 | 08:39 WIB Last Updated 2019-10-20T04:46:31Z
.


TANAH DATAR - Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Tanah Datar Yuhardi berharap, semoga masyarakat bisa bergembira dan bersyukur, seiring dengan diselenggarakannya kegiatan Forum Keserasian Sosial.

“Dengan adanya dana bantuan keserasian sosial, kita harus bersyukur dan bergembira. Program ini amat besar maknanya dalam mewujudkan rasa kekeluargaan, saling menghargai satu sama lain,” ujar Yuhardi, Sabtu (19/10), pada kegiatan Dialog Tematik I Forum Keserasian Sosial Pandang Budi, di Masjid Babussalam Jorong Simpang, Nagari Batu Bulek, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Disebutkan, kegiatan keserasian yang merupakan program nasional dari Kementerian Sosial RI itu bertujuan mewujudkan ketahanan sosial di masyarakat, serta mengantisipasi potensi-potensi kerawanan sosial yang terjadi.

Dalam kegiatannya, ujar Yuhardi yang akrab disapa dengan Buya itu, Forum Keserasian Sosial merangkul semua potensi sumber daya yang ada di nagari, lalu menjadikannya sebagai pelopor perdamaian melalui kegiatan-kegiatan bersama di tengah-tengah masyarakat, seperti gotong royong, dialog, dan sebagainya.

Kepala Seksi Bantuan dan Jaminan Sosial pada Dinsos PPPA Tanah Datar Zainal Abidin menjelaskan, Forum Tematik I kali ini mengambil tema “Duduak surang basampik-sampik, duduak basamo balapang-lapang, sasuai mangko manjadi” (duduk sendiri bersempit-sempit, duduk bersama berlapang-lapang, sesuai baru menjadi).

Disebutkan, forum yang berlangsung pukul 09.00-15.00 WIB itu turut dihadiri Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang diwakili Kasi Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Alam Iskandar, serta Kabid Rehabilitasi Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Mashur Maiza.

Hadir pula Kepala Kantor Kesbangpol Tanah Datar Irwan, Anggota DPRD Tanah Datar Nurzal Chan, Penjabat Walinagari Batu Bulek Jasmalinar, Pendamping Forum Keserasian Sosial Delfi Kurniawan, Ketua Forum Odrizal, tokoh masyarakat, niniak mamak alim ulama, candiak pandai, bundo kanduang, dan anggota PKK.

“Total warga yang hadir mencapai 120 orang,” kata Zainal.

Irwan pada kesempatan itu turut mengingatkan, kerukunan merupakan bagian terpenting dari usaha mewujudkan keharmonisan di tengah-tengah masyarakat.

Dia mengajak warga untuk saling mendukung dalam menyukseskan program pemerintah, terutama menciptakan ketenteraman, mencegah generasi muda agar tidak terjerumus ke dunia narkoba, kenakalan remaja, dan turut memantau anak-anak menggunakan gadget.

“Mari kita awasi anak-anak kita dalam menggunakan media elektronik. Pantau komunikasi dan aktifitas mereka menggunakan gadget, dan bimbinglah mereka agar tak terperangkap ke konten-konten negatif seperti pornografi dan sejenisna.(mus)

×
Berita Terbaru Update