Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kelola Aset Rp 8.400 Triliun, BUMN Perlu Wamen

Kamis, 24 Oktober 2019 | 20:45 WIB Last Updated 2019-10-24T13:45:35Z

Joko Widodo


JAKARTA-  Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya buka suara terkait dengan jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia maju. Menurut dia, dalam waktu dekat jabatan tersebut akan segera dilantik.

Jokowi memberikan beberapa kementerian jabatan wakil menteri bukan tanpa alasan. Misalnya di Kementerian BUMN yang memiliki 140-an perusahaan dengan nilai aset ribuan triliun yang dikelola.

"Kita tahu BUMN kita ada berapa, 140-an BUMN. 140-an perusahaan. Jadi kalau mengelola perusahaan sebanyak itu perlu pengawasan perlu dikontrol. Perlu cek, kalau memang diperlukan itu ya nggak apa-apa. Paling penting Wamen itu betul-betul berfungsi membantu para menteri," kata Jokowi di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (24/10/2019) seperti diwartakan detikcom.

Jokowi bilang, nilai aset yang dikelola oleh Kementerian BUMN sekitar Rp 8.400-an triliun. Sehingga jika dibutuhkan seorang wakil menteri untuk membantu, maka jabatan tersebut tidak dipermasalahkan. Yang terpenting, lanjut Jokowi setiap sosok wakil menteri memiliki kompetensi.

"Karena dari proses evaluasi yang terakhir kayak BUMN itu memiliki aset 8.400an triliun. Dan saya udah pesan kepada menteri BUMN agar ini dikelola dengan manajemen korporasi tapi orientasinya tetap keuntungan rakyat. Bukan melulu keuntungan tapi utnuk rakyat, untuk negara," jelasnya.

Meski demikian, Jokowi masih enggan membocorkan berapa jumlah kementerian yang akan memiliki wakil menteri. Meskipun calonnya sudah difinalkan pada sore hari ini.

"Jadi kita harapkan sore hari ini sudah final semua dan segera dilantik," ungkap dia.

×
Berita Terbaru Update