Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Akibat Kabut Asap, Kualitas Udara di Kota Padang Memburuk

Rabu, 16 Oktober 2019 | 17:04 WIB Last Updated 2019-10-16T11:02:28Z
Kabut asap menyelimuti Kota Padang. (ist)

Padang, fajarharapan.com - Dinas Lingkungan Hidupn (DLH) Kota Padang, mencatat adanya peningkatan Indeks standar pencemaran udara (ISPU) di Padang. Peningkatan ISPU itu dari 57 sebelumnya senilai 36.

"Udara Padang saat ini masuk kategori sedang dengan catatan Ispu 57. Angka ini naik 21 dimana Ispu Padang sebelumnya di angka 36," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang, Mairizon, kepada wartawan, Rabu (16/10).

Mairizon mengatakan, untuk standar Ispu yang baik dimulai dari angka 0-50. Sementara untuk angka 51-100 sudah masuk kategori sedang. Untuk standar sedang ini berpengaruh pada kesehatan manusia ataupun hewan dan juga berpengaruh pada tumbuhan yang peka.

"Untuk standar tidak sehat di angka 101-199. Apabila Ispu pada angka ini bisa merugikan manusia atau kelompok hewan yang peka, atau dapat menimbulkan kerusakan pada tumbuhan atupun nilai estetika," ujar Mairizon.

Dikatakannya, meski Ispu masih dalam kategori sedang, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat Padang, agar tetap memperhatikan kesehatannya.

"Kita mengimbau warga agar tidak terlalu banyak melakukan kegiatan di luar rumah, dengan Ispu 57 saat ini," katanya.

Terakhir dia mengatakan, jika masyarakat harus berkegiatan di luar rumah, agar menggunakan masker supaya tidak mengalami gangguan pernafasan.

"Kita juga imbau para orangtua, untuk memberikan masker kepada anak-anaknya. Khusus untuk pelajar atuapun peserta didik, diharapkan untuk menggunakan masker," tutupnya.(dri)
×
Berita Terbaru Update