Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Hamdanus Datang, Upacara kembali Digelar

Senin, 21 Oktober 2019 | 13:47 WIB Last Updated 2019-10-21T06:51:42Z
Anggota DPRD Sumbar, Hamdanus saat menjadi pembina upacara di SMA 2 Sipora Utara, Mentawai. ist
Mentawai, Fajarharapan.com-Sudah dua pekan upacara bendera tidak pernah dilaksanakan di SMA 2 Sipora Utara, Kepulauan Mentawai. Hal itu karena lapangan sekolah yang sedang diperbaiki. Namun, kendala itu tak harus menjadi penghalang. Kedatangan Anggota DPRD Sumatera Barat, Hamdanus akhirnya membuat sekolah di ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai ini kembali menggelar upacara bendera.

Hamdanus jadi Pembina Upacara di SMA 2 Sipora Utara, Senin (21/10). Hamdanus mendesak dilaksanakan upacara bendera kendati lapangan kurang memungkinkan. Menurutnya, upacara bendera penting sebagai wujud mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa.
Selesai memimpin upacara, Hamdanus berkesempatan berdialog dengan pihak sekolah. Guru-guru yang berbakti di pulau terluar pantai barat Indonesia itu menumpahkan keluh-kesahnya kepada Anggota Komisi V DPRD Sumbar ini.

Guru-guru di Mentawai meminta agar tunjangan khusus untuk guru yang mengajar di pulau terluar diaktifkan kembali. Sejak dua tahun terakhir, tunjangan tersebut tak lagi diberikan. Tunjangan ini sangat penting bagi guru yang menghadapi persoalan ekonomi pelik di daerah terpenjil. "Di Mentawai ini biaya hidup sangat tinggi. Jadi, guru-guru yang mengabdi di daerah ini sangat kesulitan," ujar Hamdanus.

SMA 2 Sipora Utara terletak di Pulau Sipora. Walau di pulau ini ada ibukota Kabupaten Kepulauan Mentawai, Tua Pejat, tapi daerah ini tetap termasuk daerah tertinggal. Jarak ibukota kabupaten ini dengan Kota Padang sejauh 84 Mil. Hanya ada angkutan laut dan udara untuk menuju ke daerah ini. Sebagian besar bahan kebutuhan pokok berasal dari Kota Padang. Akibatnya, biaya hidup di Mentawai sangatlah tinggi. Selain biaya hidup, minimnya infrastruktur hingga medan alam yang ganas menjadi tantangan lain bagi para pendidik di daerah ini.

Sebagai anggota Komisi V DPRD Sumbar yang membawahi bidang ekonomi, Hamdanus berjanji akan memperjuangkan aspirasi guru di satu-satunya kabupaten kepulauan di Provinsi Sumatera Barat ini. "Kita akan perjuangkan di DPRD sesuai dengan kewenangan kita," tambah Hamdanus. (Rizal)

#Hamdanus #DPRDSumbar #Mentawai #PulauTerluar
×
Berita Terbaru Update