Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Fachrul Razi, Menag Ketiga Berasal dari Militer

Jumat, 25 Oktober 2019 | 18:51 WIB Last Updated 2019-10-25T11:51:15Z

Fachrul Razi


JAKARTA- Fachrul Razi, bukanlah Menteri Agama yang pertama berlatar belakang militer. Jenderal TNI (Purn) ini ternyata menjadi menteri Agama ketiga yang berasal dari militer.

Menteri Agama pertama yang berasal dari militer adalah
Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Alamsjah Ratu Perwiranegara. Menjabat pada Kabinet Pembangunan III (29 Maret 1978-19 Maret 1983) di era Pemerintahan Soeharto.

Kemudian pada kabinet Pembangunan VI (17 Maret 1993 – 14 Maret 1998), Menteri Agama juga dijabat oleh figur dengan berlatar belakang militer, yaitu Laksamana Muda TNI (Purn.) dr. Tarmizi Taher.

Fachrul Razi dilantik sebagai Menteri Agama oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (23/10) di Istana Negara, Jakarta bersama 34 menteri dan 4 pejabat tinggi setingkat menteri.

Dari 40 kabinet yang ada di Indonesia, dari kabinet pertama 'Presidentil' dipimpin Presiden Soekarno hingga kabinet ke-40, Kabinet Indonesia Maju yang dipimpin Presiden Joko Widodo, berdasarkan data berbagai sumber, yang mengisi pos Menteri Agama memang banyak yang berasal dari Nahdlatul Ulama seperti Abdul Wahid Hasyim, Fathurrahman Kafrawi, KH. Masjkur, Muhammad Ilyas, Wahib Wahab, Saifuddin Zuhri.

Kemudian, Moh. Dahlan, Muhammad Tolchah Hasan, Said Agil Husin Al Munawar, Muhammad Maftuh Basyuni dan lainnya. Tapi ada juga dari Muhammadiyah seperti Rasjidi, Achmad Asj'ari, Fakih Usman, Malik Al Fajar (pen).

×
Berita Terbaru Update