Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

7 Kebiasaan Tidur Sehat ala Rasulullah SAW yang Perlu Ditiru

Kamis, 24 Oktober 2019 | 23:49 WIB Last Updated 2019-10-24T16:49:10Z
Jakarta - Ada tujuh kebiasaan tidur sehat ala Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassalam yang bisa ditiru. Sudah terbukti, dengan kebiasaan tersebut, Rasulullah selama hidupnya hanya mengalami dua kali sakit. 

Selain itu, seperti firman Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab ayat 21 bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassalam adalah sebaik-baik uswah hasanah (teladan). 

Baca juga: Keutamaan Siwak yang Dipakai Rasulullah Sikat Gigi




لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا



Arab-Latin: Laqad kāna lakum fī rasụlillāhi uswatun ḥasanatul limang kāna yarjullāha wal-yaumal-ākhira wa żakarallāha kaṡīrā 


Yang artinya, "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah."


Nah berikut ini 7 kebiasaan tidur sehat ala Rasulullah SAW yang bisa diteladani:


1. Posisi Tidur Miring ke Kanan

Tidur Rasulullah menghadap ke kanan. Dalam HR Al-Bukhari no 247 dan Muslim no 2710, Nabi Muhammad SAW mengatakan agar, "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." 


2. Meletakkan Tangan di Bawah Pipi

Dan dari Hudzaifah ibn al-Yaman ra, dia berkata, "Apabila Nabi SAW hendak tidur pada malam hari, beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya." (HR. Bukhari).

3. Meniupkan Kedua Tangan dan Membaca Doa

Dari Aisyah ra, dia berkata, "Apabila Rasulullah SAW hendak tidur, beliau meniup kedua tangannya dan membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas, lalu beliau mengusap badannya dengan kedua tangannya." (HR. Bukhari).

Kebiasaan tidur sehat Rasulullah SAW juga sebelum tidur adalah dengan meniupkan kedua tangan dan membaca doa lalu mengusapkan ke seluruh badan.


4. Tidak Tidur Sebelum Isya

Hadis dari Abu Barzah ra, dia berkata, "Bahwasanya Rasulullah SAW tidak menyukai tidur sebelum Isya dan berbincang-bincang sesudahnya." (HR. Bukhari).


5. Tidur pada Awal Malam dan Bangun pada Akhir Malam

Aisyah ra berkata, "Beliau tidur pada awal malam dan bangun pada akhir malam kemudian melaksanakan shalat." (Muttafaq Alaih).


6. Tidur Hanya Beralas Tikar

Abdullah ibn Mas'ud ra berkata, "Rasulullah SAW bisa tidur di atas tikar, dan ketika beliau bangun, tampak bekas guratan tikar pada bahunya. Maka kami berkata, 'Wahai Rasulullah, kami ingin membuatkan kasur untukmu.' Kata beliau, 'Apalah artinya dunia ini bagiku? Aku di dunia ini hanyalah laksana seorang pengembara yang berteduh di bawah pohon, dia beristirahat dan kemudian meninggalkannya." (HR. At-Tirmidzi)


7. Tidak Menyukai Tidur Tengkurap

Kebiasaan tidur sehat ala Rasulullah berikutnya adalah dengan tidak dalam posisi tengkurap. Abu Hurairah berkata bahwa Nabi SAW melihat seseorang berbaring (tidur) dengan posisi tengkurap, maka beliau pun bersabda, "Ini adalah cara tidur yang tidak disukai oleh Allah." (HR. Ahmad).

×
Berita Terbaru Update