Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sekda Irwandi Tutp Festival Muharram 1441 M

Minggu, 22 September 2019 | 23:55 WIB Last Updated 2019-09-22T16:55:10Z

Tanah Datar, fajarharapan.com – Pagelaran Festival Muharram 1441 H yang telah berlangsung selama sepekan resmi ditutup oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekretaris Daerah Irwandi, Jum’at malam (21/09/2019) di Benteng Van der Capellen.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Riswandi dalam laporan menyampaikan secara umum kegiatan berjalan dengan lancar dan baik. “Pelaksanaan 6 jenis lomba yang diikuti siswa SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA berjalan dengan baik dan lancar, peserta cukup antusias terutama lomba pop solo lagu islami yang mencapai 46 orang, mudah-mudahan pelaksanaan tahun depan bisa lebih semarak lagi dan dengan peserta yang lebih luas lagi,” sampainya.
Dijelaskan Riswandi, Festival Muharram 1441 H dilaksanakan untuk memeriahkan tahun baru hijriyah sekaligus mengembangkan bakat-bakat generasi muda di bidang keagamaan dengan baik di antaranya tahfiz alquran, azan, da’i, kaligrafi, syarhil quran dan lagu-lagu islami.
Selain itu mendorong minat masyarakat terutama generasi muda yang lebih tertarik memeriahkan tahun baru masehi dibanding tahun baru hijriyah.
“Kita coba memberi stimulan untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat untuk ikut memeriahkan tahun baru hijriyah dengan mengangkat kegiatan-kegiatan islami,” jelasnya.
Riswandi juga sekolah mendukung program ini dengan memasukkan ke dalam kegiatan estrakurikuler sehingga para siswa bisa mengembangkan bakat dan minat lebih terarah lagi.
Sekretaris Daerah Irwandi menyampaikan apresiasi pelaksanaan Festival Muharram 1441 H. “Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah daerah serta positif untuk para pelajar dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ucap Irwandi.
Irwandi menyebutkan kegiatan ini tidak berhenti seiring berakhirnya lomba, tetapi harus diiiringi dengan dengan evaluasi yang perlu dibenahi dalam pelaksanaan kegiatan.
“Agar lebih meriah untuk pelaksanaan tahun-tahun berikutnya, agar dirancang jauh-jauh hari dan kegiatan ini bisa masuk ekstrakurikuler sekolah agar kualitasnya semakin meningkat dari tahun ke tahun,” harapnya.
Irwandi juga berharap Festival Muharram bisa dikolaborasikan perangkat daerah, UKM bahkan melibatkan nagari-nagari.
Di kesempatan itu Irwandi turut menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia dan para pendukung acara yang telah bekerja keras menyelenggarakan acara ini dengan sukses termasuk pelaksanaan tabligh akbar 1 Muharram 1441 yang lalu
Malam penutupan berlangsung meriah dengan penampilan kembali pemuncak-pemuncak di bidang lomba pop solo lagu islami, dai dan syahril quran serta penampilan musik komposisi sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang. (adek)
×
Berita Terbaru Update