Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kelurahan Piai Tanah Sirah Terima Dana Aspirasi Anggota DPR RI Rp150 Juta

Minggu, 22 September 2019 | 20:52 WIB Last Updated 2019-09-22T13:53:09Z
Anggota DPR RI dari Sumbar, Muhammad Asli Chaidir yang disaksikan Wakil Walikota Padang, Hendri Septa dan lainnya meletakkan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan perluasan jalan dan areal parkir Masjid Al-Ihsan, Kelurahan Piai Tanah Sirah Nan XX, Kecamatan Lubeg, Sabtu (21/9).

Padang, fajarsumbar.com Anggota DPR RI asal pemilihan Sumbar Muhammad Asli Chaidir menyalurkan dana aspirasi melalui program keserasian sosial di Kelurahan Piai Tanah Sirah Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. Dananya dipergunakan untuk perluasan jalan dan areal parkir Masjid Al-Ihsan. Peletakkan batu pertamanya, Sabtu (21/9).

Program Keserasian Sosial merupakan salah satu program Kementerian Sosial dalam penanganan masalah konflik sosial. Dana aspirasi anggota DPR RI dititipkan di Kemensos itu untuk satu paket Rp150 juta. Program itu dibagi dua pembangunan fisik Rp100 juta dan non fisik Rp50 juta. Kota Padang pada 2019 memperoleh tiga paket, selain Kelurahan Piai Tanah Sirah juga diperoleh Kelurahan Bungo Pasang dan Parupuak Tabiang, Kecamatan Koto Tangah.

Kelurahan Piai Tanah Sirah Nan XX sudah dua kali mendapatkannya. Pada 2018 dananya dimanfaatkan untuk pembuatan pagar kuburan sepanjang lebih kurang 700 meter dengan tinggi 2 meter lebih. Suksesnya program tersebut dan banyaknya menyerap swadaya masyarakat, sehingga program Kemensos itu jadi terbaik I tingkat Sumatera.

"Saya berharap program keserasian sosial di Kelurahan Piai Tanah Sirah Nan XX, sukses pula seperti tahun lalu dan menyerap swadaya masyarakat lebih banyak lagi. Tidak lagi juara I di Sumatera, tapi harus terbaik I di tingkat nasional," ujar Muhammad Asli Chaidir yang sudah dipastikan kembali terpilih jadi anggota DPR RI untuk periode 2019-2024 tersebut.

Alasannya, program yang diserahkan pengelolaannya kepada Forum Keserasian Sosial Kaum Melayu Piai Tanah Sirah Nan XX yang diketuai Budi Gunawan tersebut mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat. 


Kaum Melayu menghibahkan tanahnya yang diserahkan secara simbolis kepada Dinas Sosial Kota Padang disaksikan anggota DPR RI asal Sumbar, Muhammad Asli Chaidir serta lainnya.

Buktinya, demi suksesnya program melalui Dinas Sosial Kota Padang itu, masyarakat kaum Melayu Piai Tanah Sirah rela menghibahkan tanahnya seluas 700 meter lebih untuk pembangunan jalan dan perluasan parkir Masjid Al-Ihsan. Jika diuangkan swadaya masyarakat dalam bentuk tanah sudah mencapai Rp700 juta dengan asumsi satu meter tanah seharga Rp1 juta.

Anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengucapkan terima kasih kepada kaum Melayu yang dimotori Aciak Baharuddin yang telah menghibahkan tanahnya. Jika program itu selesai, kaum muslimin nyaman beribadah dengan areal parkir luas dan jalan yang lebar. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada kaum Melayu yang telah menghibahkan tanahnya. Selagi dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak sepanjang itu pula pahalanya mengalir kepada yang menghibahkan tanahnya ini. Allah akan membalasnya dengan pahala yang setimpal," tambahnya.

Asli Chaidir selalu mewanti-wanti kepada pengelola, sebab dana program keserasian sosial tersebut merupakan anggaran dari negara yang harus dipertanggungjawabkan dan jangan pula disalahgunakan. Sebab pertanggungjawabannya tidak saja di dunia, tapi juga di akhirat.

"Saya berharap dana aspirasi saya yang dititipkan di Kemensos ini harus tepat sasaran, jangan disalahgunakan. Begitu juga saya berharap dari dana pancingan senilai Rp150 juta ini bisa pula menghasilkan Rp1 miliar lebih tambahan dari swadaya masyarakat," tambahnya.

Dia juga berharap kepada anggota DPRD Sumbar dan Kota Padang dari Fraksi PAN agar melanjutkannya dengan mengucurkan dana aspirasi untuk kelanjutkan pengerjaannya. Sebab butuh puluhan kubik tanah timbunan untuk meratakan tanah tersebut.  Diharapkan telah dimulainya pengerjanaannya, nantinya bisa pula dilanjutkan dana aspirasi dari anggota DPRD Sumbar dan Kota Padang.

Pada kesempatan itu kaum Melayu melalui Aciak Baharuddin pehibah tanah menyerahkan secara simbolis tanahnya kepada Dinas Sosial Kota Padang dimanfaatkan untuk kepentingan umum. Selanjutnya diserahkan kepada Budi Gunawan selaku Ketua Forum Keserasian Sosial Kaum Melayu Piai Tanah Sirah Nan XX.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Walikota Hendri Septa, anggota DPRD Padang dari Fraksi PAN Jufri, dari Dinas Sosial Padang, Camat Lubeg Wilman Muchktar, Lurah Piai Tanah Sirah Nan XX, tokoh masyarakat, ninik mamak, pemuda/i dan beberapa undangan lainnya.


Budi Gunawan Ketua Forum Keserasian Sosial Kaum Melayu Piai Tanah Sirah Nan XX saat memberikan laporan. 

Hendri Septa pada kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI, Muhammad Asli Chaidir telah menyalurkan dana aspirasinya di kelurahan tersebut, karena telah membantu pemko untuk pembangunan di kelurahan. Begitu juga ia mengucapkan terima kasih kepada kaum Melayu yang telah menghibahkan tanah.

Sementara itu, Ketua Forum Keserasian Sosial Kaum Melayu Piai Tanah Sirah Nan XX, Budi Gunawan juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota DPR RI, M. Asli Chaidir yang telah mengucurkan dana aspirasinya di Piai Tanah Sirah. Begitu juga kepada kaum Melayu yang telah menghibahkan tanahnya untuk program tersebut. 

"Saya atas nama warga Kelurahan Piai Tanah Sirah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, semoga anggota DPR RI begitu juga anggota DPRD provinsi dan Kota Padang ke depan tidak bosan-bosan menggelontarkan dana aspirasinya ke Piai Tanah Sirah ini, karena masih banyak yang perlu dibenahi di sini," tambahnya.

Pada kesempatan itu, anggota DPR RI, Asli Chaidir dan Walikota Padang Hendri Septa, anggota DPRD Padang Jufri, dari Dinas Sosial dan Camat Lubeg, Wilman Muckhtar meletakkan batu pertama tanda dimulainya pengerjaan program tersebut. Selanjutnya pengerjaan diserahkan kepada masyarakat melalui swadaya. (ab)
×
Berita Terbaru Update