Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jenazah Sudah Diterbangkan dari Wamena, IKM : Terimakasih Wagub Sumbar

Rabu, 25 September 2019 | 06:04 WIB Last Updated 2019-09-25T13:05:06Z
Sekretaris IKM Jayawijaya, Nofri Zendra.

Pessel, Fajarharpan.com-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) IKM Jayawijaya mengapresiasi upaya Wakil Gubernur Nasrul Abit dalam pemulangan 8 jenazah warga Pessel dari Wamena.

Ketua DPD, Nofri Zendra menyampaikan, saat ini 8 jenazah yang jadi korban kerusuhan di Wamena itu sudah diterbangkan dengan helikopter menuju Jayapura.

"Selanjutnya baru ke Jakarta dan kemudian Padang. Bisa jadi hari ini, atau besok. Karena jadwal penerbangan di sana pukul 3.00," ungkapnya pada wartawan melalui telpon di Wamena, Rabu (25/9).

Proses pemulangan jenazah dari daerah rawan konflik, bukan perkara mudah. Apalagi penerbangan sempat terkendala beberapa hari lalu.

Namun, menurutnya, berkat koordinasi yang baik antara Pemprov Sumbar dengan Bupati setempat, pemulangan jenazah menemui titik terang.

Pemrov Sumbar telah menyiapkan fasilitas yang dibutuhkan, termasuk peti jenazah dan mobil ambulance. Sementara Pemda Wamena menanggung biaya pemulangan.

"Kami atas nama DPD IKM Jayawijaya, mengucapkan terimakasih atas keseriusan Wagub Sumbar Nasrul Abit," kata Nofri Zendra yang dipercaya mengurus korban sejak di rumah sakit.

Setelah diterbangkan dari Wamena, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan DPW IKM Papua dan DPD IKM Jayapura.
Diharapkan tidak ada kendala dalam proses pemulangan hingga sampai di Kabupaten Pesisir Selatan. DPD IKM Jayawijaya juga meminta pihak keluarga tabah atas takdir yang digariskan Tuhan pada korban.

Diketahui, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyatakan, pemerintah provinsi akan membantu biaya pembelian peti jenazah seperti permintaan Pemda Wamena.

Nasrul juga memastikan pihaknya akan menanggung seluruh biaya transportasi darat yaitu ambulans dari Bandara Internasional Minangkabau sampai ke rumah duka.

Pemerintah provinsi tetus berkomunikasi dengan pihak terkait guna memantau perkembangan kondisi Wamena, sehingga tiap langkah bermanfaat untuk keselamatan warga Sumatera Barat.

Semua informasi terbaru tentang Wamena, utamanya keadaan warga Sumatera Barat, akan segera disampaikan ke masyarakat melalui berbagai saluran media.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi mengimbau seluruh warga Sumatera Barat, baik di ranah maupun di rantau, agar menjaga kondisi tetap kondusif, tidak terpengaruh hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

"Mari sama-sama kita kedepankan semangat nasionalisme dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Nasrul Abit.(tsf)
×
Berita Terbaru Update