Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Pendidik Harus Mampu Menjadi Teladan

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 21:35 WIB Last Updated 2019-08-17T15:01:03Z
Kurniaty Kepala Sekolah TK Murni Air Baru Maninjau Kabupaaten Agam di sela kemeriahan pawai HUT RI ke-74 di Maninjau Sabtu (17/8). (andy)

Maninjau, fajarharapan.com -- Sebagai pendidik hendaknya kita mampu menjadi teladan bagi anak didik, karena faktor utama dalam mendidik manusia itu adalah pemahaman terhadap kejiwaan anak didik, karakter, serta adaptasi dengan lingkungannya sedari dini. Adapun faktor utama yang sangat mempengaruhi seorang anak didik itu adalah rumah tangga, karena rumah tangga merupakan madrasah utama seorang anak.


Hal tersebut dikatakan Kurniaty Kepala Sekolah TK Murni Air Baru Maninjau Kabupaaten Agam di sela-sela kegiatan pawai memeriahkan HUT RI ke-74 di Maninjau, Sabtu (17/8). Dikatakan,  “kalau di cermati, sesungguhnya masa depan anak tersebut sagat tergantung kepada orang tua, sementara sekolah hanya bisa memfasilitasinya saja, karena hitam putihnya seorang anak tersebut hanya orang tualah yang bisa membentuknya, jika seorang anak sudah menyimpang dari apa yang diharapkan, kita tidak bisa menyalahkan sekolah tempat mereka di didik, lihatlah bagaimana orang tuanya dalam mendidik anaknya di rumah,”  ujar Kurniaty.


Selanjutnya, Kurniaty menjelaskan, “adapun kepada tenaga pendidik, kita harus juga memahami tentang pedoman pendidikan, intinya mendidik manusia haruslah dengan manusiawi, sebagai tenaga pendidik henndaklah kita memahami anak dengan kaca mata mereka, kunci dari membina anak didik itu menjadi orang yang bermutu dimasa depan kelak adalah membentuk hubungan bathin antara guru dan mereka, jika hubungan bathin ini sudah dibina sejak mereka menginjakkan kaki menuntut ilmu pada sekolah, Insya Allah,  mau dibawa kemana mereka, mereka pasti akan menurut sesuai dengan keinginan yang kita harapkan sebagai tenaga pendidik.


“Menurut pandangan menteri pendidikan kita, sekolah yang bagus itu bukan hanya ditentukan oleh bagusnya gedung, bagusnya dan baiknya kurikulum yang diterapkan, namun sangat ditentukan oleh tenaga pendidik yang dimulai dari kepala sekolah serta guru yang berkualitas, dimana menurut hasil penelitian 84% keberhasilan sekolah tergantung pada kebijaksanaan kepala sekolah yang didukung penuh oleh para guru dan lingkungannya”, papar Kurniaty menjelaskan.(andy)

×
Berita Terbaru Update