Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jayapura Lumpuh Total, Sejumlah Gedung Dibakar

Kamis, 29 Agustus 2019 | 19:46 WIB Last Updated 2019-08-29T14:47:59Z

Aksi demo berujung kericuhan terjadi di Jayapura, Papua. (dct)

Jakarta, fajarharapan.com - Kondisi Papua masih memanas. Usai penyerangan aparat TNI-Polri di Deiyai, demonstrasi berujung kerusuhan terjadi di Jayapura.

Tindakan anarkis dilakukan massa pengunjuk rasa yang menyuarakan anti-rasisme. Massa bergerak memenuhi jalan Kota Jayapura, Kamis (29/8/2019).

Massa pagi tadi berkumpul di Waena, Jayapura. Mobil Dandim ikut terkena lemparan batu. Massa juga ada yang bergerak ke arah kawasan kantor gubernur.

"Dari hasil sementara dari informasi di lapangan, diketahui massa sudah melakukan aksi pembakaran dan perusakan," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.
Tindakan anarkis massa disebut Dedi juga dilakukan dengan merusak sejumlah mobil dinas TNI-Polri, merusak mobil-mobil di sepanjang jalan yang dilewati massa juga membakar belakang kantor MRP.

"Jaringan komunikasi sementara sebagian terputus," ujar Dedi sebagaimana dikutip detik.com. 

Menko Polhukam Wiranto sudah menerima laporan mengenai kondisi terbaru di Jayapura. Wiranto menyesalkan tindakan anarkistis yang merugikan. 

"Hari ini saya juga mendapat laporan demo yang berjalan di Abepura ke Jayapura sudah membakar gedung MRP, ya menjebol rumah tahanan," kata Wiranto di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8).

Wiranto mengingatkan aparat keamanan agar bertindak persuasif menghadapi massa pendemo. Senjata dengan peluru tajam, ditegaskan Wiranto, tidak boleh digunakan.(*)
×
Berita Terbaru Update