Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Disdukcapil Solsel Terapkan Tandatangan Elektronik

Sabtu, 31 Agustus 2019 | 10:25 WIB Last Updated 2019-08-31T13:26:37Z
Kadis Dukcapil, Efi Yandri

Solok Selatan, Fajarharapan.com - Untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Solok Selatan telah menerapkan tandatangan elektronik serta SMS auto reply (balasan SMS otomatis) terkait informasi dan pengaduan pelayanan. 

Menurut Kadis Dukcapil, Efi Yandri, penandatanganan Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, serta Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKP WNI) sudah dilaksanakan secara elektronik semenjak April 2019 lalu. 

Sedangkan SMS Layanan telah dioperasikan sejak akhir Mei 2019 silam "Dengan arti kata, dengan tanda tangan elektronik, dokumen kependudukan yang diminta bisa ditandatangani segera, walaupun kepala dinas sedang tidak berada di tempat," terang Efi di Padang Aro, Jum'at 30/8
Disamping itu, keberadaan SMS Auto Reply dan sms layanan pengaduan diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menerima informasi terkait persyaratan dan juga menyampaikan keluhannya dalam pelayanan di Dinas Dukcapil "Untuk info persyaratan silahkan kirim sms ke dengan format tertentu ke nomor 082381228838. Misalkan ketik AKTA KELAHIRAN, kirim ke nomor diatas. Maka masyarakat akan mendapatkan sms jawaban secara otomatis terkait persyaratan pembuatan Akta Kelahiran. Atau ketik INFO KK untuk informasi persyaratan Kartu Keluarga," rincinya.

Kemudian untuk pelayanan informasi dan keluhan pelayanan juga bisa dikirimkan ke nomor layanan diatas. Bisa dikirim dalam waktu 24 jam, dan pihaknya berjanji akan menindaklanjutinya maksimal dalam waktu 14 hari.

Untuk layanan informasi dan pengaduan, formatnya bebas. Yang penting bahasanya sopan dan dilengkapi dengan identitas. "Contoh sms : , Kapan kami bisa cetak KTP-el Bapak/Ibu? Kemudian kirimkan ke nomor layanan diatas," jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk layanan pencatatan Kelahiran juga sudah dilakukan secara Online sejak 1 Agustus 2019 lalu. (Yuni Valora)
×
Berita Terbaru Update